Tomohon Jadi Tempat ‘Belajar’ Kerukunan Beragama

TOMOHON, MANADONEWS – Kota Tomohon akrab disebut kota religius. Tak hanya religius, Tomohon dikenal dengan kerukunan umat beragama. Sikap toleransi masyarakat ‘Kota Bunga’, lantas menarik perhatian sejumlah daerah untuk belajar kerukunan beragama.

Baru-baru ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menerima kunjungan kerja (kunker) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong. Pemkab Bolmong didampingi Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA). Mereka diterima Asisten Kesra Drs ODS Mandagi, mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, Kamis (22/8) di Kantor Wali Kota.

Maksud dan tujuannya, mengkaji banding dan sharing mengenai peningkatan program kegiatan penguatan kelembagaan BKSAUA. Di samping itu sharing berkaitan dengan bagaimana kiat-kiat dalam menjaga, membina kerukunan antar umat beragama di Kota Tomohon.

“Kami memilih Kota Tomohon untuk tujuan kunker karena terkenal dengan kerukunan antar umat beragamanya,” kata Kabag Kesra Setda Kabupaten Bolmong Rukman Korompot selaku ketua tim.

Dia menjelaskan, Kabupaten Bolmong penduduknya terdiri dari beberapa agama seperti Islam, Kristen Protestan, Katolik dan Hindu. “Tim yang berkunjung terdiri dari Presidium BKSAUA 10 orang, dan Unsur Bagian Kesra 6 orang,” tukasnya.

Baca Juga:  Kasus Amongena, Ayah Risky Percayakan Proses Hukum Ke Pihak Berwajib

Sementara itu, Asisten Kesra ODS Mandagi mengatakan, terciptanya kerukunan antar umat beragama di Kota Tomohon dikarenakan masyarakatnya yang saling menghormati dan menghargai dalam berbagai hal.

“Ini juga bagian dari peran BKSUA Kota Tomohon di dalamnya para tokoh agama yang senantiasa selalu mengajak pemeluk agamanya agar saling menghargai, dan menghormati,” ungkap Mandagi.

Di sisi lain, beber Mandagi, pihaknya bersama unsur BKSAUA terus membangun sinergitas. “Dalam rangka mewujudkan umat atau masyarakat agar tetap aman, damai dan sejahtera,” tuturnya.

“Kami juga bersyukur di Kota Tomohon sejak dahulu sampai saat ini kerukunan antar umat beragamanya tetap terbina. Walaupun beragam agama dan budaya, masyarakatnya hidup rukun dan damai,” tukasnya.

Turut hadir, Kadis Kominfo Daerah Kota Tomohon Toar Pandeirot, Kabag Kesra Setda Kota Tomohon Trisye Polii, serta unsur BKSAUA Kota Tomohon.

(YOUNGKY)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
648 votes

This will close in 10 seconds