Mahasiswa Keperawatan Polnustar Praktek Lapangan di RSUP Kandou

SULUT,Manadonews.co.id-.32 orang Mahasiswa D-III Jurusan Keperawatan Politeknik Negeri Nusa Utara akan melakukan praktek klinik di RSUP Kandou Manado.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama lima minggu yang akan diawali dengan kegiatan Workshop BHD, PMKP, PPI dan K3RS selama tiga hari 26 – 28 Agustus 2019.

Ini dalam rangka memenuhi asuhan keperawatan bagi mahasiswa, serta memberikan pengetahuan terkini dalam pelayanan dan kemampuan mengelola pasien secara mandiri sesuai kompetensi serta meningkatkan ketrampilan bagi mahasiswa dalam penanganan kegawatdaruratan.

Penerimaan serta pembukaan Workshop bagi Mahasiswa Polnustar ini dibuka oleh Direktur Utama Dr.dr.Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD dan didampingi oleh Direktur Poltekkes Negeri Nusa Utara yang diwakili oleh oleh Ketua Jurusan Kesehatan Ns.Jeanneke L. Tinungki, S.Kep.M.Kep, Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Penelitian Tenaga Medis John Robert Tuwaidan, ST,MSi, Kasubag Diklit Tenaga Keperawatan Drs. Herman Sengkeh, MSi serta Dra Sisca Hutadjulu, MSi sebagai Kepala Instalasi Diklat diauli kantor pusat lantai 2.

Pada kesempatan tersebut, Panelewen memberikan apresiasi kepada Polnustar yang masih mempercayakan RSUP Kandou menjadi pemenuhan dalam kompetensi Pendidikan dari Politekknik Negeri Nusa Utara.

Baca Juga:  Hari Ini Caroll Senduk - Wenny Lumentut Terima SK dari DPP PDI Perjuangan

Ia mengharapkan agar Politeknik Nusa Utara dapat segera berbenah untuk melakukan survey akreditasi agar kedepan bisa terus bekerjasama dengan RSUP Kandou.

“Karena Akreditasi itu adalah satu- satunya cara untuk kita mengumumkan bahwa kita dari sisi mutu itu terjamin,” katanya.

Seperti halnya RSUP Kandou yang telah terakreditasi Pendidikan, Akreditasi paripurna, oleh KARS dan Akreditasi Internasional oleh Joint Commision International (JCI)

Ini juga merupakan upaya kita untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa rumah sakit Kandou dari segi mutu terlegitimasi. Karena dalam konteks layanan public, selain Akreditasi rumah sakit, maka akan ditambahkan dengan yang namanya Aksesibility.

“Dimana rumah sakit itu bisa dijangkau oleh masyarakat baik dari segi jarak, waktu maupun dari segi pembiayaan,” tambahnya.

Satu hal juga yang disampaikan oleh Panelewen kapada Mahasiswa Polnustar, bahwa kalian harus berbangga karena berada di institusi yang sangat membanggakan, dan karena ada capaian-capaian maka ada harapan atau ekspektasi dari masyarakat yang sangat tinggi terhadap Rumah Sakit Kandou.

“Selama anda melakukan praktek klinik di RSUP Kandou itu berarti anda merupakan bagian dari RSUP Kandou dan akan terpapar dengan kegiatan yang ada di RSUP Kandou serta bertanggung jawab dengan tindakan yang dilakukan,” tegas Panelewen.

Baca Juga:  Tarian Kabasaran Iringi Pendaftaran Ivansa - CNR

Untuk itu ia berharap agar selama kalian melakukan praktek di RSUP Kandou agar dapat membawa diri, menempatkan diri kemudian memberikan performance bahwa anda layak dan bisa mengangkat juga segi-segi positif pelayanan yang ada di RSUP Kandou.

“Termasuk bisa bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik dan dapat membangun relationship dengan rekan sekerja termasuk dengan pasien intinya anda bisa meberikan penampilan sebagai perawat yang handal,” pungkasnya.

Adapun Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah kuliah kelas, praktek skill station, dan ujian praktek yang diberikan oleh para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya diantaranya, Dr.dr.Erwin Kristanto, SpF.SH, Dr.dr.Joice Sondakh, Sp.OG(K), dr.Lucky Kumaat, Sp.An,M.Kes Ns.Ellen Garusu, S.Kep.MARS, Ahnec L. Sepang, SE, Maxi L. Lombok, M.M.Kes, Netty Aseng, SST dan Frengky Watung, S.Kep.Ns sebagai MOT.
(Stvn)