DAK Sebesar 700 Juta Terancam Hilang

MINSEL, MANADONEWS – Anggaran berbanderol sebesar Rupiah 700 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 terancam hilang.

Pasalnya, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Minahasa Selatan selaku pengguna anggaran, hingga batas waktu yang ditentukan belum membuat dan memasukkan laporan terkait DAK.

Kepala Dinas DKP Minsel Alexander Sonambela mengatakan saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna memastikan apakah anggaran tersebut masih bisa digunakan atau tidak.

“Memang benar ada anggaran DAK kurang lebih Rp 700 juta untuk pengadaan bantuan perahu nelayan. Tapi, hingga saat ini belum ada pihak ketiga yang menanggani untuk pengadaan karena proses tender selalu gagal atau tidak diminati, ” jelas Kadis, Senin (26/8).

“Tunggu saja perkembangannya, kalaupun aturan masih membolehkan, berarti proses pelelangan tender masih dilanjutkan. Tapi, kalau memang tidak bisa, berarti anggarannya sudah tidak bisa dicairkan, ” tutur Sonambela.

Sementara Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Minsel, Silvia Bimbahanti membenarkan adanya kendala dalam proses pelelangan tender pengadaan perahu nelayan.

Baca Juga:  Komisi II DPR-RI Puji Proyek Cerdas Comand Center

“Memang benar ada satu perusahaan yang mendaftar, tapi tidak pernah melengkapi berkas persyaratan, ” pungkas Bimbahanti.

(DArK)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
156 votes

This will close in 10 seconds