Wabup Yanny Hadiri Rapat Paripurna DPRD Bolmong

BOLMONG,MANADONEWS,-Wakil Bupati Bolaang Mongondow Yanny Ronny Tuuk menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Pembicaraan Tingkat I Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Bolmong Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) Tahun Anggaran 2019.

Rapat ini di laksanakan Senin, (26/8/2019) tepatnya di ruang Paripurna Kantor DPRD Bolmong.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow yang diwakili oleh Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk STh, MM menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Bolmong tahun 2019.

Dalam kesempatan itu Wabup Yanny mengatakan penyusunan dokumen rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019 ini dilaksanakan berdasarkan peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Peraturan menteri dalam negeri nomor 38 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2019 berdasarkan ketentuan pasal 81 peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005, tentang pengelolaan keuangan daerah.

Disebutkan bahwa penyesuaian APBD dengan perkembangan dan atau perubahan dibahas oleh DPRD dengan pemerintah dalam rangka prakiraan perubahan atas APBD tahun anggaran Apabila terjadi.

  1. Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD
  2. Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi antar kegiatan antar jenis belanja.
  3. Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih, tahun anggaran sebelumnya harus digunakan untuk tahun berjalan
  4. Keadaan darurat
  5. Keadaan luarbiasa
Baca Juga:  Hingga 14 November, 15 Desa di Bolmong Ajukan Pencairan Dandes Tahap 3

Lanjut Wabup, Berkenan dengan hal tersebut, dalam rangka sinkronisasi program dan kebijakan telah disepakati bersama antara pemerintah Kabupaten Bolmong dan DPRD Kabupaten Bolmong dengan yang diformulasi dalam kebijakan umum perubahan anggaran serta prioritas dan plafon anggaran perubahan APBD tahun anggaran 2019.

“Ini sebagai landasan penyusunan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019,” jelasnya.

Diketahui dalam rapat ini juga disampaikan pemandangan dari masing-masing fraksi.

Adapun rapat ini di pimpin oleh Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan dihadiri oleh anggota DPRD serta para asisten I, II dan III Pemkab Bolmong dan peserta rapat Paripurna lainya. (David)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
365 votes

This will close in 10 seconds