Tingkatkan Pelayanan, RSUP Kandou Gelar Sosialisasi Terkait Stroke

SULUT,Manadonews.co.id-.Pelayanan di RSUP Kandou terus ditingkatkan dengan pemberian edukasi atau penyuluhan kepada pasien dan keluarga pasien.

Hal ini nampak seperti yang dilakukan oleh Instalasi Promosi Kesehatan (Promkes) RSUP Kandou yang bekerjasama dengan instalasi rehabilitasi medik RSUP Kandou Manado saat menggelar penyuluhan tentang Peran Rehabilitasi Medik pada pasien Stroke yang digelar didepan Apotik Rawat Jalan, Rabu (28/8/2019).

Materi penyuluhan yang dibawakan oleh dr Lidwina S.Sengkey, Sp.KFR(K) mengenai Rehabilitasi Medik pada pasien stroke disambut antusias oleh para pasien dan keluarga pasien rawat jalan yang hadir mengikuti penyuluhan tersebut.

Dimana dipaparkan oleh dr Lidwina bahwa Stroke merupakan kondisi kekurangan suplai darah pada area otak, yang menimbulkan kelainan-kelainan pada tubuh selama lebih dari 24 jam.

Selain itu juga Stroke biasanya terjadi akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan otak mengalami kekurangan suplai darah sehingga mengalami kerusakan atau kematian sel.

“Gejala-gejala stroke tergantung pada lokasi cedera di otak.
Sebanyak 80% pasien stroke mempunyai gejala utama gangguan gerakan pada wajah, lengan, dan tungkai pada satu sisi tubuh, sehingga mengganggu aktifitas kehidupan sehari hari serta partisipasi dalam masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  RSUP Kandou Terima Penghargaan Kemenkes RI

Dan bagaimana stroke mempengaruhi seseorang? Tergantung lokasi gangguan pada otak. Kelumpuhan separuh badan sehingga mengganggu fungsi pergerakan kekakuan sendi, gangguan keseimbangan dan koordinasi membuat seseorang kesulitan untuk duduk, berdiri, berjalan.

“Masalah berbahasa dan berbicara
Tidak menyadari bagian tubuh yang lemah/gangguan sensasi,” jelasnya.

Selain itu, nyeri kepala, nyeri bahu
Masalah daya ingat, berpikir, perhatian atau belajar, Gangguan menelan, Gangguan bak dan bab, Cepat lelah, Gangguan psikologi/emosi dan sosial, Depresi tergantung lokasi gangguan pada otak.
Kelumpuhan separuh badan sehingga mengganggu fungsi pergerakan Kekakuan sendi
Gangguan keseimbangan dan koordinasi membuat seseorang kesulitan untuk duduk, berdiri, berjalan,” papar dr.Lidwina yang keseharian bertugas di instalasi rehabilitasi medik.

Kepala IPKRS dr Neni Eka Wardhani mengatakan, penyuluhan tersebut dilaksanakan karena merupakan program instalasi Promkes dalam memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga pasien.

Antusias dari keluarga pasien terlihat disaat diberikan kesempatan untuk bertanya jawab dengan para dokter Lidwina guna mendapatkan solusi atas penyakit yang dialaminya yakni seputar penyakit stroke, dokter pun dengan senang hati memjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh para pasien dan keluarga pasien.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Jajaran RSUP Kandou Lakukan Penanaman Pohon

Dipenghujung penyuluhan ini Dr.Neni mengharapkan agar pengunjung RS yang ikut penyuluhan ini akan lebih paham akan pentingnya rehabilitasi medik pada pasien stroke.

“Mari kita pahami betapa pentingnya penyuluhan kali ini bagi pasien stroke,” singkatnya.
(Stvn)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
7 votes

This will close in 10 seconds