Ikan Tawes Disebar di Danau Sineleyan

TOMOHON, MANADONEWS – Pengkayaan stok ikan terus dilakukan pemerintah. Hal ini dibarengi dengan pelestarian sumberdaya alam seperti komoditi perikanan. Selain itu, meningkatkan hasil tangkapan masyarakat di perairan umum.

Terkait dengan itu, Restocking Ikan dilaksanakan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu bersama Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon di Danau Sineleyan Tomohon, Kamis (12/9).

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam hal ini Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu melakukan kegiatan penebaran ikan di perairan umum atau restocking dengan jenis ikan tawes.

Ikan yang ditebar ini bukan jenis invasif (tidak menyerang ikan lain dan tidak mengganggu populasi ikan lain). Tetapi jenis ikan tawes. Ikan ini ramah lingkungan dan makan gulma.

Kegiatan ini sudah yang kedua kalinya laksanakan di danau ini. Ukuran yang di lepas yakni 8-10 cm / ekor ikan yang ditebar dengan jumlah 100.000 ekor.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Steven Waworuntu SSTP mengucapkan terima kasih. “Tentunya kami atas nama pemerintah Kota Tomohon mengucapkan terima kasih kepada pihak Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu yang telah membantu kami dalam hal ketersediaan ikan di perairan umum. Tentunya dengan dukungan seperti ini akan menambah kekayaan alam kita yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tomohon,” katanya.

Baca Juga:  Ini Jawaban Kepala Dinkes Bolmong Soal Isu Vaksin Haram

“Ini juga bukti bahwa kerja sama yang terjalin selama ini semakin baik antara kami dengan pihak balai. Kami berharap masyarakat semakin menyadari bahwa hal ini semata-mata untuk kepentingn masyarakat,” ujarnya.

Hadir 2 orang perwakilan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu yaitu Markus Soande SStPi dan Jhonly Solang SPi MSi. Selain Kadis Petanian dan Perikanan Steven Waworuntu SSTP, hadir juga Camat Tomohon Tengah Michael Joseph SSTP dan Lurah Talete Satu Rommy Mamuaja SP.

(Youngky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *