DPRD Setujui Ranperda APBD Tomohon 2020

TOMOHON, MANADONEWS – Ranperda APBD 2020 Kota Tomohon disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Empat fraksi menerima Ranperda untuk ditetapkan menjadi Perda.

Kesepakatan antara lembaga legislatif dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dilaksanakan lewat Rapat Paripurna, Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi dan Laporan Badan Anggaran serta Pendapat Akhir Walikota terhadap Ranperda tentang APBD T.A 2020, Sabtu (14/9).

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP didampingi Wakil Ketua Caroll Senduk dan Youddy JJ Moningka SIP.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dalam itu mengatakan, APBD merupakan instrumen yang sangat penting untuk menjalankan roda pemerintahan. “Serta menjaga perekonomian dan dalam upaya menciptakan kemakmuran rakyat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kota Tomohon Tahun Anggaran 2020 bertujuan untuk menjaga kesinambungan pembangunan. Sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat maupun provinsi dengan pemerintah daerah, serta untuk mengintegrasikannya dengan perkembangan yang terjadi dalam satu tahun anggaran.

“Pada APBD tahun anggaran 2020 ini, pemerinta telah mengalokasikan dana untuk pelaksanaan Pemilukada tahun 2020 melalui belanja hibah maupun melalui program dan kegiatan pada perangkat daerah terkait,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mudik Lancar, Masyarakat Apresiasi Polri, TNI dan Pemerintah

Kata dia, penganggaran ini berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri nomor 54 tahun 2019. Tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati Dan Walikota yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

“Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh fraksi DPRD Kota Tomohon,” tukasnya.

Pada kesempatan itu didampingi Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan. Hadir pula dalam paripurna, para anggota DPRD Tomohon, Sekretaris Daerah HV Lolowang, seluruh kepala Perangkat Daerah, para Camat serta Lurah se-Kota Tomohon.

(Youngky)