Example floating
Example floating
Berita UtamaManado

September Puncak Musim Kemarau

×

September Puncak Musim Kemarau

Sebarkan artikel ini

MANADO,Manadonews.co.id-Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologibdan Geofisika, Indonesia memiliki 342 Zona Musim (ZOM). Awal musim kemarau 2019 di prediksi akan mulai masuk pada bulan April 2019 di sebagian wilayah Nusa Tenggara, Bali dan Jawa sebanyak 79 ZOM (23,1%), sedangkan wilayah-wilayah yang diprediksi awal musim kemarau pada Mei 2019 sebanyak 99 ZOM (28,9%) meliputi sebagian Bali, Jawa, Sumatera dan sebagian Sulawesi.

Kemudian sebanyak 96 ZOM (28,1%) akan masuk awal musim kemarau di bulan Juni 2019 di Sumatera, jawa, Sulawesi, Maluku dan Papua.

MANTOS MANTOS

Dibandingkan terhadap rata-rata klimatologisnya (periode 1981-2010), Awal musim kemarau di Indonesia Sama dengan rata-ratanya 127 ZOM (37,1%), Mundur sebanyak 128 ZOM (37,4 %), dan Maju sebanyak 97 ZOM (25,5%).

Meski demikian perlu diwaspadai wilayah-wilayah yang prakiraan awal musim kemaraunya maju/lebih awal di Provinsi Sulawesi Utara yaitu di daerah ZOM 322 yang meliputi daerah Bolang Mongondouw Utara, Bolang Mongondouw dan Kotamobagu, daerah ZOM 324 yang meliputi Minahasa selatan, Sebagian Minahasa dan sebagian Tomohon, daerah ZOM 327 meliputi daerah Likupang dan Wori.

Baca Juga:  BMKG Update Peringatan Dini Cuaca Provinsi Sulut

Selain daerah yang mengalami kemarau lebih awal terdapat juga daerah yang awal musim kemaraunya mundur dibandingkan dengan rata-ratanya atau lebih lambat yaitu, ZOM 323, meliputi: Kotabunan, Nuangan, Tutuyan, Belang, Posumaen, Ratahan, Ratatotok.

Kemudian ZOM 325, meliputi: Eris, Kauditan, Kema, Kombi, Langowan Selatan, Aertembaga, Girian, Lembeh Selatan, Lembeh Utara, Madidir, Maesa, Matuari, Ranowulu serta ZOM 326, meliputi: Pineleng, Tombariri, Tatapaan, Airmadidi, Dimembe, Kalawat, Talawaan, Tatelu, Bunaken, Malalayang, Mapanget, Singkil, Tikala, Tuminting, Wanea dan Wenang.

Prakiraan awal musim untuk daerah ZOM 325 dan 326 diprakirakan jatuh pada dasarian I Juli, wilayah ZOM 324 pada dasarian II Juni, ZOM 323 dan 327 diprakirakan pada Juli dasarian II, kemudian untuk wilayah ZOM 322 diprediksi masuk awal musim hujan paling awal atau lebih cepat diantara wilayah ZOM lainnya di Sulawesi Utara yaitu pada dasarian Mei III sedangkan untuk wilayah ZOM 319 diprakirakan masuk awal musim kemarau pada bulan Oktober dasarian II.

Baca Juga:  BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Provinsi Sulawesi Utara

Puncak Musim Kemarau 2019 di Sulawesi Utara diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus – September 2019.

Khusus daerah Bolang Mongondouw Selatan puncak musim kemarau di prediksi akan terjadi pada bulan Februari 2020.

Untuk Kota Manado dan sekitarnya puncak musim kemarau di prediksi pada bulan Agustus 2019.

Untuk wilayah daratan bagian utara Sulawesi Utara puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus 2019, sedangkan untuk wilayah daratan selatan diprediksi mengalami puncak musim kemarau pada bulan September 2019,dan memasuki Bulan Oktober diperkirakan mengalami musim penghujan.

Dalam  kondisi puncak kemarau yanh  perlu di waspadai wilayah yang rentan dengan kekeringan juga   bencana yang dapat ditimbulkan oleh curah hujan yang rendah antara lain kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan serta kurangnya persediaan air bersih.
(Ben)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *