Koordinasi dan Sinergitas Stakeholder Perhubungan di Tomohon Bersama Pemerintah

TOMOHON, MANADONEWS – Koordinasi dan Sinergitas Stakeholder Perhubungan di Tomohon berlangsung di Anugerah, Kamis (21/11).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE, Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh, MBA, Kasat Lantas Polres Tomohon IPTU Hadi Siswanto, SIK, dan Kasi Intel Kejari Tomohon Wilke Rabeta, SH.

Hadir Kepala Dinas Perhubungan Daerah Kota Tomohon Hengkie Supit, SIP bersama jajarannya beserta stakeholder perhubungan yang berprofesi sebagai supir angkutan umum.

Asisten Perekonomian Vonny Pontoh, MBA menyampaikan sambutan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman. Antara lain, kebijakan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Tomohon.

“Meningkatkan jumlah prasarana lalu lintas serta melaksanakan pemeliharaan prasarana lalu lintas agar dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya,”

“Meningkatnya intensitas sosialisasi ketertiban lalu lintas kepada masyarakat,”

“Meningkatnya pelaksanaan manajemen rekayasa lalu lintas untuk memperlancar lalu lintas,”

“Meningkatkan intensitas penegakan hukum terhadap operasional angkutan,”

“Meningkatkan keselamatan dari faktor sarana dengan peningkatan jumlah kendaraan wajib uji pengujian kendaraan bermotor,”

Baca Juga:  Bahas Persaingan Usaha Tidak Sehat,Pemkab Bolmong Gandeng KPPU RI

“Meningkatkan fungsi alat pengujian kendaraan bermotor sesuai dengan standar,”

“Meningkatkan pelayanan angkutan umum dengan adanya sosialisasi terhadap operator angkutan umum,”

“Meningkatkan pelayanan angkutan barang,”

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagaimana disebutkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2011 tentang Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah wahana koordinasi antar instansi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan.

Forum lalu lintas dan Angkutan jalan berfungsi sebagai wahana untuk menyinergikan tugas pokok dan fungsi setiap penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan dalam penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan.

Fungsi menyinergikan dimaksudkan untuk:

1. Menganalisis permasalahan

2. Menjembatani, menemukan solusi dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Salah satu upaya permerintah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan peran dalam pembangunan infrastruktur jalan. (*)