MANADONEWS, KOTAMOBAGU — Inovasi sistem Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan (Kinalang) yang digagas oleh Bidang SIKP, Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kotamobagu patut diacungi jempol.
Kepala Bidang SIKP, Fahri Damopolii mengatakan, Kinalang merupakan sistem pelayanan publik yang dimana masyarakat dapat menyampaikan keluhan soal pelayanan yang dilaksanakan oleh Pemkot Kotamobagu melalui sistem teknologi imformasi.
“Jadi warga menyampaikan keluhan terkait pelayanan akan masuk ke admin Kinalang kemudiaan laporan akan diverifikasi, klarifikasi dan klasifikasi. Setelah itu admin Kinalang akan menuruskan laporan kepada perangkat daerah teknis. Admin perangkat daerah akan memberikan tanggapan dan tindak lanjut penyelesaian pengaduan kemudian disampaikan kembali ke admin Kinalang untuk diteruskan kepada pelapor,” kata Fahri, Selasa (26/11).
Dalam sistem kerja Kinalang, jangkuannya lebih luas dan dipermudah. Berbeda dengan aplikasi SikeMas yang hanya terbatas bagi warga yang menggunakan aplikasi.
“Kami mempermudah warga dalam memberikan laporan. Laporan dikirim lewat SMS, Facebook, Instagram, dan email kepada admin Kinalang,” jelasnya.
Kelebihan lainya dari sistem ini kata Fahri, warga yang melapor dapat mentracking (pelacakan) perkembangan tindaklanjut dari laporan melalui website Kinalang.
“Warga yang melapor akan diberikan user id untuk bisa melihat perkembangan tindaklanjut dari laporan yang disampaikan,” ungkap Fahri.
Selain itu Fahri menyampaikan inovasi Kinalang bisa diwujudkan berkat dukungan Wali Kota dan Wakil Walikota serta Kadis Kominfo yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap inovasi yang digagas oleh jajaran Pemkot Kotamobagu.
“Saya ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Kotamobagu dan Wakil Wali Kota atas dukungannya serta Kadis Kominfo yang memberikan arahan selama proses pembuatan sistem Kinalang,” ucapnya.
(MLS)