Teknologi Manfaatkan Sisa Hasil Pertanian, Investor Belanda Temui Wagub Steven Kandouw

Wagub Steven Kandouw bersama Patrick America, investor Belanda

Manado – Kunjungan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandouw, ke negara Belanda beberapa waktu lalu, membuahkan hasil.

Investor dari Amsterdam Belanda datang langsung menemui Wagub Steven Kandouw di ruang kerja Kantor Gubernur, Rabu (27/11/2019), membahas kerjasama.

Patrick America, pimpinan PT Arkitech, menjelaskan bahwa perusahaannya datang dengan misi menghemat energi, serta melindungi lingkungan hidup.

“Kami ingin menjalin kerja sama dengan Pemprov Sulut dan menerapkan teknologi baru di daerah bumi nyiur melambai ini,” kata Patrick saat membeberkan maksud dan tujuannya.

Patrick mengakui mendengar presentasi Wagub Steven Kandouw di Belanda. Perusahaan sangat antusias untuk menjalin kerja sama dengan Pemprov Sulut.

“Kita menemukan buah solusi, dan kami tahu Sulut membutuhkan 500 megawatt pasokan energi listrik. Apa yang kita terapkan di Eropa, bakal dilakukan disini. Itu adalah energi ramah lingkungan,” tukas Patrick.

PT Arkitech, bakal memanfaatkan sisa-sisa hasil pertanian untuk dijadikan energi listrik. Menurut Patrick, sudah ditetapkan di hampir semua negara di Eropa. Sulut dengan didominasi beberapa komoditi pertanian, pasti memiliki limbah hasil pengolahan.

“Sisa-sisa hasil pertanian ini akan kita manfaatkan. Karena saya sudah pelajari, di Sulut, banyak hasil pertanian tidak digunakan. Sulut bisa membuat 20 megawatt dari sisah pertanian ini,” tutur Patrick.

Sementara itu, Wakil Gubernur Steven Kandouw sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan kerja tersebut. Energi ramah lingkungan disampaikan Kandouw adalah hal yang mendesak saat ini.

“Yang dipresentasikan hari ini sangat penting. Kunjungan kerja waktu lalu, telah membuahkan hasil. Ini sebenarnya, sejalan dengan road map pemerintah. Seperti yang saya sampaikan di Belanda. Pak Gubernur memang ingin mempersiapkan energi ramah lingkungan, dasarnya untuk pariwisata,” tandas Kandouw.

Steven Kandouw mengatakan, pihaknya mulai mempersiapkan semua yang diperlukan untuk menjalin kerja sama tersebut. Presentasi dan materi, sudah akan langsung diperlajari Pemprov Sulut.

“Apa yang diajukan ini, sudah akan langsung saya sampaikan kepada gubernur. Khususnya untuk energi ramah lingkungan. Jadi, satu proyek tapi bisa berdampak pada tiga aspek, untuk pariwisata, daur ulang energi serta untuk pengembangan komunitas masyarakat. Kami akan MoU dengan PT. Arkitech,” pungkas Kandouw.

(***/YerryPalohoon)

Baca Juga:  Gubernur Olly Lantik Iskandar Kamaru Sebagai Bupati Bolsel