Gubernur Olly Dondokambey Hadiri PTBI 2019 Bersama Presiden Jokowi

JAKARTA,MANADONEWS.co.id-
Gubernur Sulut Olly Dondokambey turut menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 yang bertemakan Sinergi Transformasi Inovasi Menuju Indonesia Maju, di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

PTBI 2019 ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Mantan Wakil Presiden dan Gubernur BI Boediono.

Bank Indonesia (BI) meminta kepada perbankan nasional untuk mempercepat penyaluran kredit serta mempercepat penurunan bunga, di tengah stance bank sentral yang akomodatif.

Presiden Jokowi dalam acara tersebut berbicara masalah ekonomi. Salah satunya mengenai destinasi Bali baru untuk tambahan devisa.

“Berkaitan dengan tambahan devisa. Saya kira kita sering bercerita bahwa kita akan bangun 10 Bali baru. Sekarang ini dalam 3 tahun sampai nanti 2020 hanya fokus di lima tempat: Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, Borobudur, dan di Manado. Infrastruktur insyaallah di akhir 2020 selesai semuanya,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan sejak Juli 2019, bank sentral telah menurunkan suku bunga acuan sebesar 100 basis poin menjadi 5%. Selain itu, BI juga telah menurunkan giro wajib minimum (GWM) perbankan sebesar 100 bps menjadi 5,5%.

Baca Juga:  Tomohon International Flower Tahun2018 Digaungkan di Jakarta

Respons dari kebijakan moneter tersebut dilakukan perbankan dengan menurunkan suku bunga, terutama pada simpanan. Sementara itu penurunan bunga kredit masih terbatas.(*/nando)