Ini Pesan Presiden dan Mendikbud di HUT Korpri dan Hari Guru Nasional

TONDANO, MANADONEWS – Bertempat di halaman kantor Bupati Minahasa, Senin (2/11), Bupati Minahasa ir. Royke Oktavian Roring, M.Si (ROR) bertindak sebagai Pembina Upacara dalam rangka Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI ke-48 sekaligus Apel Awal Bulan Desember Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Pelepasan Kontingen Porprov.

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, MM, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S,Sos, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. Roring-Lumanauw, SIP, Para Asisten Sekdakab Minahasa, Jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa, Guru Se-Tondano Raya, ASN dan THL.

Didampingi Wakil Bupati dan Pj. Sekretaris Daerah menyerahkan SK kenaikan pangkat kepada Kepala BKPSDM Drs. Moudy Pangerapan, MAP, Kepala Dinas PMD Djeffry Sajow, SH, KasatPolPP Meidy Rengkuan, SH, MAP dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs. Teddy Sumual, MAP, melepas 402 atlet Kontingen kabupaten Minahasa yang akan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara di Bitung di bawah pimpinan Dra. Fenny Ch. Roring-Lumanauw, SIP dengan manager para Kepala OPD di kabupaten Minahasa

Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam sambutan dalam rangka HUT ke- 48 KORPRI mengajak semua untuk dipijakan untuk seluruh anggota Korpri berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi dalam berkarya yang penuh inovasi untuk terus melayani masyarakat.

Baca Juga:  OD-SK Jemput Ratusan Turis Asal Tiongkok

“Tema hari ulang tahun Korpri yang ke 48 ini yaitu melayani, berkarya dan menyatukan bangsa. Semakin ke depan harapan masyarakat terhadap kualitas layanan publik akan semakin tinggi. Untuk memenuhi harapan masyarakat ini setiap anggota Korpri harus memiliki karakter dasar sebagai birokrasi yang melayani serta berkarya bagi bangsa dan negara,” papar Presiden.

Lanjut Presiden dalam sambutan, guna menghadapi tantangan yang semakin besar, mari seluruh anggota Korpri untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi.

“Melalui reformasi birokrasi diharapkan akan menjadi perubahan cara pandang, sikap, dan bertindak tertib dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih. pelayanan publik harus meliputi pelayanan yang baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan,” katanya.

Presiden mengatakan banyaknya kemudahan yang diperoleh masyarakat dengan adanya teknologi. Semua anggota Korpri harus memiliki media sosial untuk mengetahui apa yang terjadi di daerah dan lingkungan sekitar.

“Karena terkadang para warga net melaporkan suatu kejadian lebih cepat dibandingkan media mainstream,” tuturnya.

Bupati selanjutnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim dalam Peringatan Hari Guru Nasional.

Dalam sambutannya, Menteri Nadiem ingin berbicara apa adanya dengan hati yang tulus kepada seluruh guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga:  Yanni Irup Penurunan Bendera Hut Kemerdekaan RI ke-72

Beliau menyampaikan tidak akan membuat janji kepada para guru. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, beliau Akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Namun perubahan tidak dapat dimulai dari atas, semuanya berawal dan berakhir dari guru.

“Jangan menunggu aba aba, jangan menunggu perintah, ambillah langkah pertama. besok, di mana pun anda berada lakukan perubahan kecil di kelas anda. ajak lah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan, apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” urainya.

Sementara Bupati Minahasa menyampaikan, kepada para perangkat daerah dan instansi terkait untuk cepat merespon segala keluhan masyarakat melalui RR-RD Call Center.

“Termasuk hal yang akhir-akhir ini yang menjadi keluhan masyarakat yaitu ketersediaan air bersih, dan harap antisipasi musim hujan yang bisa mengakibatkan longsor,” ujar Bupati.

Kata Bupati, mulai tahun depan pemerintah dari pusat dari beberapa kementerian, pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa akan meningkatkan penanganan dan penyelamatan Danau Tondano. Da dalam rangka tu Pemerintah akan bekerjasama dengan pihak TNI dan Polri secara bertahap untuk turut dalam penanganan Danau Tondano.

Baca Juga:  Gubernur Sulut Dilantik Sebagai Kamabida Pramuka Oleh Adhyaksa Dault

“Untuk menjadi perhatian kita bersama, penyerapan anggaran di Tahun 2019 dengan memperhatikan kelengkapan data, Realisasi anggaran dan Rekon Keuangan dan aset,” tukasnya.

Menyambut Natal Tuhan Yesus Kristus, Bupati mengaajak tetap jaga toleransi, keamanan, kemajemukan yang sudah tercipta selama ini di tanah minahasa serta hindari Minuman Beralkohol atau Minuman keras.

“Menjelang Natal Pemerintah akan terus mengadakan pengawasan untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok dan kepada masyarakat untuk dapat menanam rica dipekarangan rumah masing-masing sebagai salah satu upaya menekan inflasi,” tukasnya.

Kepada para atlet yang akan mengikuti POPROV, selamat berlomba, Bupati berharap dapat melestarikan bakat yang ada di kabupaten Minahasa.

“Pemerintah dan Instansi terkait harap untuk mengawasi penggunaan Dana Desa, Dana Kelurahan, DAU, DAK,” ujarnya.

“APBD 2020 Sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Bupati mengingatkan tentang batas waktu realisasi proyek fisik.

“Yang melewati batas waktu diberikan denda sesuai aturan yang ada,” tandasnya

Selanjutnya kepada yang baru menerima SK Kenaikan pangkat, ia mengingatkan agar terus menjaga dan meningkatkan kinerja lebih baik.

Yunita