SDN 1 Lalow Bina Karakter Siswa, Ini Kata Kepsek Soal Rencana Nadiem

BOLMONG,MANADONEWS,-Pendidikan karakter pada dasarnya adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membangun karakter siswa. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan menanamkan dan mensosialisasikan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat agar ia bisa tumbuh dengan memahami nilai dan norma tersebut.

Dalam rangka untuk membentuk karakter siswa, SD N 1 Lalow terus melakukan pembinaan.

“Kami terus melakukan pembinaan melalui kegiatan kerohanian di sekolah,” kata  Kepsek SD N 1 Lalow Masye Assa S.Pd saat ditemui diruang kerjanya, (4/12/2019).

Masye mengungkapkan, siswa SD N 1 Lalow hingga tahun 2019 ini berjumlah 120 siswa.

“Tahun ini siswa baru 21 siswa sementara siswa yang lulus ada 31 siswa. Memang hal ini terjadi penurunan jumlah siswa salah satu faktor penyebabnya juga dikarenakan diberlakukannya sistem zonasi,” ujarnya.

Masye menjelaskan, sistem zonasi ini lebih berdampak pada orang tua siswa. Karena setelah diberlakukannya sistem ini maka orang tua siswa tidak bisa lagi memilih sekolah favoritnya.

Sementara untuk hal baiknya ketika diterapkan sistem zonasi ini adalah terjadinya pemerataan disekolah sekolah.

Baca Juga:  Wakil walikota buka perkemahan PMR Tomohon.

Selain itu terkait adanya rencana pemerintah untuk menyederhanakan administrasi disambut baik oleh kepala sekolah SD N 1 Lalow.

Menurut Masye, rencana menteri pendidikan Nadiem Makarim adalah suatu rencana yang baik dan dapat mengurangi beban guru.

Sehingga guru tidak lagi terlalu disibukan oleh administrasi.

“Terkadang guru dikejar target untuk menyelesaikan administrasi, sehingga menyebabkan guru tidak terlalu fokus mengajar. Tetapi jika rencana menteri pendidikan ini diberlakukan maka guru akan semakin fokus pada kegiatan belajar mengajar dan fokus membina karakter siswa,” tuturnya. (David)