BPK RI Audit Penggunaan Anggaran Polres Minsel

MINSEL, MANADONEWS – Kurang lebih lima jam, Polres Minahasa Selatan menjalani seluruh rangkaian kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) yang diselenggarakan oleh tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), pada Rabu (04/12/2019).

Wasrik BPK RI ini dilaksanakan di Mapolresta Manado, yang dibagi dalam 2 (dua) sesi yaitu pagi hingga siang untuk Polresta Manado, kemudian selesai makan siang dilanjutkan pemeriksaan untuk Polres Minsel.

“Adapun objek pemeriksaan tim wasrik BPK RI yaitu penggunaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan untuk tahun anggaran 2019. Jadi seluruh kegiatan operasional, sarana prasarana serta segala hal yang berkaitan dengan penggunaan uang negara diperiksa pertanggungjawabannya secara rinci dan mendetail,” terang Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, saat ditemui disela-sela kegiatan.

Terpantau seluruh Kabag, Kasat, Kanit, Kasi, Kapolsek, Perwira serta sejumlah personel Brigadir yang bertugas dibidang administrasi keuangan di lingkungan Polres Minsel, mengikuti kegiatan Wasrik BPK dengan membawa seluruh pembukuan Perwabku (Pertanggungjawaban Keuangan), laporan hasil pelaksanaan tugas serta bukti pendukung dokumentasi kegiatan.

Baca Juga:  Dinas P3A Bolmong Lobi Bantuan Molin

Pemeriksaan dimulai pkl. 13.00 wita atau jam 1 siang. Secara bergantian masing-masing bagian, satuan fungsi, serta Polsek dipanggil satu persatu untuk diperiksa. Wasrik BPK untuk Polres Minsel akhirnya dinyatakan selesai pada pkl. 18.00 wita atau jam 6 petang.

Usai kegiatan wasrik seluruh Kabag, Kasat, Kapolsek dan perwira melaksanakan konsolidasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, dan Wakapolres Kompol Achmad Sutrisno, SE.

“Kita telah selesai mengikuti kegiatan Wasrik BPK RI, untuk itu diucapkan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah bekerja keras, bahkan sampai lembur beberapa hari untuk melengkapi berkas Perwabku. Secara umum kesiapan kita sudah bagus, penggunaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan. Harapan kedepannya, hasil kita akan baik dan mendapatkan opini yang memuaskan,” ucap Kapolres.

(DArK)