Baznas Kotamobagu Serahkan Bantuan Pendidikan Untuk 150 Santri

MANADONEWS, KOTAMOBAGU — Peringati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ri ke-74 yang digelar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu, sekaligus  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kotamobagu menyerahkan santunan pendidikan kepada 150 anak santri dari keluarga yang kurang mampu.

Menurut Ketua Baznas Kota Kotamobagu, Jainudin SP, dana tersebut merupakan hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dilingkup Kantor Kementerian Agama Kotamobagu, ditambah dengan ZIS di sekolah-sekolah lingkup kementerian agama.

“Tahun ini angkanya 50 juta rupiah lebih, naik 20 juta rupiah dari tahun sebelumnya. Ini wujud apresiasi kami kepada jajaran ASN di lingkup kementerian agama yang terus aktif berpartisipasi menyalurkan dana zakat mereka melalui Baznas Kotamobagu sekaligus menjadi contoh bagi kantor dan dinas lainnya. Dimana, salah satu manfaatnya kami kembalikan kepada mereka melalui anak-anak santrinya,” ungkap Jain, sapaan akrabnya, usai kegiatan, Jumat (3/1).

Ditambahkannya, hal ini merupakan bagian kecil dari banyak bentuk penyaluran lainnya yang sudah disiapkan Baznas di 2020 ini.

Baca Juga:  Tinjau Ambrolnya Ruas Jalan Pineleng Satu Timur - Lotta, Bupati Royke Langsung Perintahkan Dinas PU

“Anggaplah ini awal yang baik untuk penyaluran terstruktur lainnya yang akan dijalanka tahun ini. Kami juga punya program bantuan pendidikan, bantuan sosial dan lansia, bantuan dai, bantaun pembangunan mesjid/musholla, bantuan tanggap bencana, dan banyak lagi, sehingga diharapkan pengumpulan dana ZIS dapat lebih meningkat seiring membaiknya tingkat kesadaran masyarakat muslim di kota ini untuk menunaikan kewajiban zakatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Kepala Kantor Kementerian Agama Kotamobagu, Hi Saiful Bongso MPd, melalui sambutannya menyambut positif bantuan yang dikucurkan.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Baznas Kotamobagu yang dalam berbagai kegiatan selalu ikut mengawal dan mensupport kementerian agama, termasuk bantuan pendidikan, bantuan sosial, dan lainnya yang luar biasa,” ucap Saiful.

Sedikitnya ada 150 santri dari berbagai jenjang pendidikan yang menerima santunan pendidikan dari Baznas KK pagi tadi, mulai dari tingkat Raudhatul Adfal, Madrasah Ibtidayyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah se-kota Kotamobagu.

Penyerahan secara simbolis diserah-terimakan dari Ketua Baznas KK, Jainudin SP kepada Kepala Kantor Kemenag, Hi Saiful Bongso MPd, disaksikan para guru dan kepala sekolah, penyuluh agama, tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan lainnya.

Baca Juga:  Diklat Prajabatan CPNS Awal Tahun 2020

(MLS)