Polda Sulut Tanam 2.000 Pohon di Mako Brimob Kalasey

MANADO,Manadonews.co.id-.Kegiatan Polri Peduli Penghijauan yang dilakukan Polda Sulut ini, dipimpin langsung Kapolda Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, diikuti oleh para PJU, Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Nunuk Sigid Tri Hardjanto beserta anggota Bhayangkari, dan personil Polda Sulut lainnya

Aksi penanaman pohon untuk penghijauan dilakukan personil Polda Sulawesi Utara dilakukan jumat pagi (10/1/2020) di sekitar lokasi Mako Detasemen C Brimob, Kalasey Kabupaten Minahasa.

Pada kegiatan tersebut, Kapolda mengatakan, menanam pohon merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian Polri terhadap lingkungan.

“Karena pohon berperan penting dalam kehidupan kita, selain sumber oksigen, pohon juga menjadi penyejuk di saat matahari bersinar dengan teriknya, kita ingin hidup nyaman di muka bumi ini,” ujar Kapolda.

Saat ini kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak. Pencemaran udara mengakibatkan langit kurang cerah karena penuh dengan gas polusi. Sementara itu, lahan di sekitar sering terlihat gersang, dan hutan banyak yang rusak.

“Tujuan kegiatan ini untuk membantu Pemerintah kita untuk melaksanakan penghijauan, mengurangi bencana banjir dan juga tanah longsor. Ia minta kepada seluruh personil Polda Sulut agar melalui kegiatan Polri Peduli Penghijauan ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga tercapai tujuan dari menanam pohon, yaitu untuk mengurangi pemanasan global, mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor,” jelasnya.

Baca Juga:  Wakapolda Lantik 197 Bintara Remaja SPN Polda Sulut

Kapolda berharap apa yang dilakukan Kepolisian juga bisa dilaksanakan oleh masyarakat, minimal di lingkungan sekitarnya.

“Kita berharap kegiatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman serta berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungan alam yang baik dan lestari,” tuturnya.

Ditambahkan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, SIK, kegiatan ini merupakan kepedulian Polri dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2020.

“Kurang lebih ada 2000 bibit pohon dari berbagai jenis pohon buah dan pohon berteduh yang ditanam hari ini oleh personil Polda Sulut dan Bhayangkari, di sekitar Mako Brimob Kalasey,” ujar Kabid.

Total pohon yang ditanam oleh personil Polda Sulut dan seluruh jajaran kurang lebih 15.530 pohon, terdiri dari mahoni, cempaka, nantu dan pohon durian.
(Ben)

Tags: