Dua Periode hampir Selesai, RTH dan Pedestrian Boulevard tidak Tuntas

Pedestrian ruas Boulevard II di Kecamatan Tuminting tampak indah


Manado – Sebagian dari panjang Jalan Piere Tendean, Boulevard I dan Boulevard II di Kota Manado telah dilengkapi pedestrian dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Namun beberapa titik yang belum dibangun pedestrian dan RTH, menurut anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Billy Lombok, harus segera direalisasikan.

“Kalau sudah diprogramkan mestinya direalisasikan seluruhnya bukan separuh. Kendala pembebasan lahan misalnya jalur pedestrian dan RTH melewati rumah dinas ataupun rumah ibadah perlu dikomunikasikan,” jelas Billy Lombok kepada wartawan Manadonews.co.id, Jumat (24/1/2020).

Billy Lombok juga mengingatkan pembangunan pedestrian disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat umum dan kesesuaian tanaman pada RTH.

“Pedestrian juga harus aman bagi difabel dan pejalan kaki. Tanaman di RTH disesuaikan dengan kondisi taman dekat pantai bersuhu udara panas,” tandas Billy Lombok.

Senada diungkapkan Denny Tenda, warga Paal Dua. Dia mengkritisi kerja Pemkot Manado hingga kini tidak menuntaskan program RTH dan pedestrian Boulevard.

“Kepemimpinan pak Walikota sekarang dua periode hampir selesai tapi pembangunan RTH dan pedestrian tidak tuntas,” tegas Denny.

Diketahui, pembangunan RTH termasuk pedestrian secara keseluruhan di Boulevard I dan Boulevard II terkendala pembebasan lahan.

“Iya, kendalanya pada pembebasan lahan,” terang Kadis PUPR Kota Manado, Peter Bart Assa, beberapa waktu lalu.

(YerryPalohoon)

Baca Juga:  Nikah Massal Disdukcapil Bolmong Disambut Antusias Warga