Sukseskan Pemilukada 2020, Kejati Sulut dan KPU Provinsi Sulut Teken MoU

MANADO,MANADONEWS.co.id- Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Muh. Iqbal Arief SH. MH. dengan didampingi oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sulut Jurist Precisely Sitepu, SH. MH. telah melaksanakan penandatangan MOU bidang hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kamis (30/0/2020) di hotel Aryaduta Manado.

Kasi Penkum Kejati Sulut Yoni.E.Malakka, SH kepada media ini menjelaskan MoU tersebut antara lain dimaksudkan agar para Jaksa selaku pengacara negara pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Periode 2020 hingga tahun 2025 yang rencanya akan digelar pada tanggal 23 September 2020 mendatang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pak Kajati Sulut sangat mengapresiasi kepercayaan KPU Sulut kepada peranan Jaksa pengacara negara dalam jajaran Kejati Sulut dalam mensukseskan keberhasilan pemilihan umum Kepala Daerah Gubernur Sulut, sehingga pembangunan Daerah Sulawesi Utara kedepannya dapat lebih berhasil guna.”ujar Yoni mengutip penegasan Kejati Sulut dalam kesempatan itu.

Baca Juga:  Wali Kota Tatong Bara Resmikan Program Diskominfo

Sementara itu, Ketua KPU Sulut DR. Ardiles Mewoh pun menyampaikan terimakasih atas dukungan peran serta Kejati Sulut melalui Bidang Datun.

“Kami berharap melalui MOU Datun ini dapat mendukung lebih suksesnya kinerja KPU Sulut dalam Pemilukada Gubernur Sulut 2020 – 2025 yang sesuai dengan ketentuan.”ujar Ardiles bernada optimis.

Adapun penandatanganan MoU Datun antara Kejati Sulut dengan KPU Sulut kata Yoni, juga ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU Datun antara Kajari Manado, Kajari Minahasa Utara, Kajari Bitung, Kajari Minahasa Selatan, Kajari Kotamobagu dengan Ketua KPU Kota Manado, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur guna suksesnya pemilukada Bupati dan Wakil Bupati periode 2020 – 2025.

Yoni menambahkan, usai penandatangan MoU tersebut, dilanjutkan dengan Diskusi Panel dengan tema “Tugas Fungsi Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sulut” dan sebagai Pemateri dibawakan langsung oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sulut Jurist Precisely Sitepu, SH. MH. yang diikuti oleh Peserta dari Seluruh jajaran KPU Provinsi Sulut dan Jajaran KPU Kota dan Kabupaten se Sulut serta para Kasi Datun Kejari se Sulut.

Baca Juga:  Walikota harap pertahankan swastiba wistra

“Pada akhir dari pelaksanaan Diskusi Panel inipun mendapatkan respon antusias yang positif dari para peserta diskusi guna pelaksanaan kinerja seluruh jajaran KPU se Sulawesi Utara yang yang hadir saat itu.”tegas Yoni.(nando)