Pemkab Mitra Himbau Warga Manfaatkan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

MITRA, ManadoNews.co.idPasca dihentikannya program kerjasama dengan BPJS akibat adanya kenaikan iuran, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan yang tersedia diseluruh Puskesmas yang ada.

“Kami mengarahkan seluruh warga untuk dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas,” jelas Kadis Kesehatan dr Helny Ratuliu saat ditemui wartawan, Jumat (31/1/2020).

Menurut Ratuliu, pelayanan kesehatan diseluruh Puskesmas terus dimaksimalkan. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dibawan pemimpinan Bupati James Sumendap, dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan.

“Kita sudah punya 13 Puskesmas, 12 diantaranya sudah akreditasi, dan 9 Puskesmas lagi melayani rawat inap dengan pelayanan maksimal. Diharapkan ini akan menjadi pilihan bagi warga yang sakit dalam mendapatkan penanganan medis,” imbau Ratuliu.

Tak itu saja, menurut Ratuliu, warga juga dapat memanfaatkan pelayanan di RSUD Mitra Sehat jika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Penambahan tenaga medis di RSUD Mitra Sehat dalam proses perekrutan. Jika tidak ada kendala, Februari mendatang rawat inap beroperasi. Minimal untuk saat ini penyakit dalam sudah bisa ditangani,” tukas Ratuliu.

Baca Juga:  Pemkab Bolmong Seriusi Masalah Pangkalan LPG di Poigar

Disisi lain Ratuliu menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi, rata-rata penyakit yang dialami warga Mitra adalah penyakit dalam. Mulai dari darah tinggi, asam urat, kolestrol, ispa dan lainnya.

“Ini semua sudah bisa ditangani Puskesmas maupun RSUD. Karena itu, warga diharapkan memanfaatkan seluruh fasilitas kesehatan gratis yang telah disiapkan Pemkab Mitra,” pungkasnya.

(Dmfm)