Siklus Januari-Februari, Warga Diminta Update Peringatan Dini Cuaca

Gubernur Olly Dondokambey ketika meninjau beberapa lokasi banjir di Kota Manado pada 1 dan 2 Februari 2019 lalu


Manado – Hujan intensitas sedang hingga lebat mengguyur sebagian besar wilayah di Provinsi Sulawesi Utara.

Anggota DPRD Kota Manado, Jean Sumilat, mengimbau masyarakat tenang namun tetap waspada.

“Tentu sebagai wakil rakyat saya mengimbau masyarakat tetap tenang sambil update peringatan dini cuaca dari BMKG,” jelas Jean Sumilat kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Senin (3/2/2020).

Meski demikian, srikandi PDI Perjuangan ini, mengingatkan masyarakat yang mendiami bantaran sungai dan wilayah perbukitan tetap waspada.

“Terutama bagi masyarakat Kota Manado mesti siaga bencana banjir dan tanah longsor yang berdasarkan pengalaman sering terjadi di bulan Januari dan Februari,” tukas Jean Sumilat.

Diketahui, beberapa tahun terakhir Sulawesi Utara terutama Kota Manado sering diterjang banjir dan tanah longsor.

Terakhir, banjir dan tanah longsor di Kota Manado terjadi 1 Februari 2019 mengakibatkan sejumlah warga meninggal dunia.

Sementara banjir dan tanah longsor terbesar 15 Januari 2014 lalu, mengakibatkan banyak kerugian materil dan korban jiwa.

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika tanggal 2 Februari 2020 pukul 22.10 Wita merilis peringatan dini cuaca di Provinsi Sulawesi Utara.

Peringatan dini ini berlaku di beberapa daerah berpotensi akan terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 22.40 Wita.

Daerah tersebut, yakni diwilayah Bolmong (Seluruh Wilayah) , Minahasa Selatan (Seluruh Wilayah) ,Tomohon (Seluruh Wilayah) Serta dapat meluas ke wilayah , Kotamobagu (Seluruh Wilayah) , Bolmong (Bag. Barat), Bolmong Utara (Bag. Utara)  serta kora Manado (Seluruh Wilayah).

(YerryPalohoon)

Baca Juga:  Tim Lantamal VIII Siap Berlaga di Perlombaan Perairan KASAL CUP 2019