Bolsel Gelar Latsar Golongan II

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Pemerintah daerah Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Asisten Administrasi Umum Rikson Paputungan, S.Pd, M.Pd menghadiri dan membacakan sambutan bupati pada acara Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II di Lingkup Pemda Bolsel, di Asrama Haji Tuminting, Senin (10/2/2020).

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala BPSDM SulutDR. Paulus Tamaka, M.Si dan turut dihadiri Asisten Pemerintahan Setda, Kaban BKPSDM Bolsel, Para Kepala SKPD di Jajaran Pemda Bolsel.

Rikson saat menyampaikan sambutan Bupati mengucapkan selamat kepada para peserta yang mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Latsar.

“Menurut peraturan pemerintah Nomor 11 tahun 2017, mengamanahkan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dasar sebagai syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi pegawai negeri sipil. Pelatihan dasar ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil,” ujarnya.

Selain pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Tantangan perkembangan birokrasi pemerintahan ke depan semakin kompleks sehingga dibutuhkan suatu strategi pengembangan aparatur birokrasi yang profesional dan memiliki sumber daya manusia yang memiliki integritas dan kompetensi dibidangnya.

Baca Juga:  Sekda Bolsel Tutup Bimtek Penatausahaan Keuangan PD

Lebih lanjut Rikson mengatakan bahwa, berlakunya Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil, membawa perubahan yang besar dalam sistem birokrasi kita. Mulai dari sistem perencanaan, pengadaan, pengembangan karir, penggajian serta sistem batas usia pensiun.

“Perubahan itu didasarkan pada sistem merit yang mengedepankan prinsip profesional, kompetensi, kualifikasi, kinerja, transparansi, objektif serta bebas dari intervensi politik,” pungkasnya.
(Bobby)