Dugaan Penyelewengan Dandes Betelen, Lumingas Mengaku Tak Tau

MITRA, ManadoNews.co.idDugaan penyimpangan dana desa (Dandes) di Desa Betelen, Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pekan-pekan terahir menuai sorotan publik.

Informasih yang berhasil diperoleh sejumlah wartawan menyebutkan, dugaan manipulasi data Dandes tahun 2019 ini melalui pembangunan bedah rumah, dengan anggaran ratusan juta rupiah.

FD alias Freny pejabat hukum tua pada saat itu meski disebut-sebut yang bertanggung jawab atas dugaan penyalahgunaan anggaran dandes yang merugikan uang negara, kepada sejumlah wartawan waktu lalu mengaku tidak mengetahui akan hal itu. Bahkan dirinya menyalahkan masalah ini kepada mantan Kumtua sebelumnya di desa tersebut.

Bahkan menurut FD, apa yang selama ini dituding oleh masyarakat adalah anggaran yang tidak direalisasikan oleh mantan Hukum Tua sebelum dia menjabat pada saat itu. Menurut dia, Itu Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) Tahun 2018 dari mantan Hukum Tua.

Sayangnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Royke Lumingas saat dikonfirmasi enggan memberikan komentar lebih. Dia mengaku tidak mengetahui hal ini.

Baca Juga:  Gubernur Olly Minta Stekholder Kedepankan Hak Anak-Anak di Sulut

“Kalau masalah itu sampai saat ini belum ada laporan tertulis ke Dinas PMD. Mengenai pertanggung jawaban itu, otomatis akan tergambarkan di APBdes di 2020. Nah APBDesnya sementara di evaluasi,” pungkas Lumingas.

(Dmfm)