Tim Akreditasi Ditjenhubdar Kemenhub RI Tinjau BUPKB Dishub Kotamobagu

  • Whatsapp

MANADONEWS, KOTAMOBAGU – Tim Akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjenhubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI berkunjung di Balai Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (BUPKB) Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu, beberapa hari lalu.

Tim yang terdiri dari Kemenhub Ditjenhubdar Kemenhub RI, didampingi Ikatan Pengujian Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI), dan Dishub provinsi Sulawesi Utara ini, diterima Kepala Dishub Kotamobagu, Nasly Paputungan.

Bacaan Lainnya

Menurut Nasly, Kunjungan yang dilakukan Tim Akreditasi Kemenhub tersebut, dalam rangka verifikasi lapangan dan penilaian terhadap Unit Pelaksana Uji Pelaksana Kendaraan Bermotor

“Tahapan awal kan peralatan di kalibrasi, oleh tim selesai dikalibrasi dan dinyatakan lulus, maka alat itu bisa dioperasikan ketika sudah memiliki akreditas. Nah kunjungan tim ini untuk
melihat langsung posisi alat pengujian kendaraan bermotor kita yang sudah dikalibrasi seperti apa, untuk kembali diuji,” ungkap Nasly.

Baca Juga:  Pemkot Tomohon Kerjasama Dengan Pertamina Salurkan Gas 5,5 Kg

Lebih lanjut dikatakan, selain peralatan berbagai kelengkapan termasuk persyaratan, system pelayanan serta dokumen juga menjadi objek peninjauan. “Ketika semuanya sudah ditinjau dan seluruh dokumen sudah diserahkan, maka kita tinggal menunggu hasilnya,” imbuhnya.

Nasly pun berharap, tahun ini seluruh peralatan pengujian kendaraan bermotor bisa terakreditas dan sudah bisa dioperasikan secepatnya.

“Tentunya harapan kami, alat pengujian kendaraan bermotor di kotamobagu pada tahun ini sudah terakreditas, minimal tipe C. Karena tipe C saja sudah bisa dioperasikan, sambil menunggu Sistem Informasi Manajemen Pengujian Kendaraan Bermotor (SIM-PKB),” harapnya.

(*/MLS)

Pos terkait