Jimmy Eman: Jika Tak Terlalu Penting Jangan Bepergian

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Menindaklanjuti peringatan dini BMKG, Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE,Ak mengimbau sekaligus mengingatkan seluruh warga Kota untuk meningkatkan kewaspadaan terkait cuaca buruk beberapa hari ini.

Peringatan dini dari BMKG tentang cuaca tanggal 2-4 Maret 2020 perihal adanya tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah selatan perairan Indonesia dan Sirkulasi Eddy di wilayah Maluku menyebabkan terjadinya pola angin shearline (belokan angin) di wilayah Sulawesi Utara sehingga berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sulawesi Utara. Sehinga dari tanggal 02 sampai 04 Maret 2020 hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Timur, dan Bolaang Mongondow Selatan.


“Jika tak terlalu penting dan mendesak agar jangan keluar rumah atau bepergian jauh dengan berkendaraan roda dua dan empat bahkan berjalan kaki,” kata Wali Kota.

Perlunya kesadaran untuk tidak terlalu memaksakan diri, lanjut Wali Kota, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, baik terjebak macet, banjir dan longsor serta tegelincir akibat jalanan licin karena hujan.

Eman juga mengingatkan bagi masyarakat yang mendiami daerah-daerah rawan longsor dan banjir agar tetap siaga dan waspada tingkat tinggi.

“Seandainya memungkinkan, sebaiknya tinggal di lokasi yang aman dan tetap saling menjaga dengan sesama keluarga lainnya. Serta terus membangun komunikasi yang baik dengan anggota keluarga lainnya atau tetangga,” pintanya.

Sebagai salah satu penyebab banjir, tak henti – hentinya orang nomor satu di Kota Tomohon itu menngimbau warga untuk menghindari buang sampah sembarangan.

Baca Juga:  Pemkab Bolsel Gelar Sosialisasi PATEN

“Jangan membuang sampah ke saluran-saluran air, tetapi buanglah sampah pada tempat penampungan sampah sementara sesuai jam buang sampah, nanti diangkut mobil sampah pemerintah kota. Gunakan wadah penampungan sampah sementara yang disediakan pemerintah,” ucapnya.

Yunita Rotikan

Pos terkait