Lantamal VIII Gelar Promosi Kesehatan Cegah Dini Penyebaran COVID-19 di Bitung

BITUNG,MANADONEWS.co.id-Dalam rangka menindaklanjuti dan sebagai langkah antisipasi merebaknya virus Corona, Lantamal VIII melalui Rumkital dr Wahyu Slamet Lantamal VIII Bitung melaksanakan kegiatan promosi kesehatan Cegah Dini, Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19,Senin (9/3/2020) di balai Prajurit Mako Yonmarhanlan VIII Bitung.

Danlantamal VIII dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aspers Danlantamal VIII Letkol laut (KH) Dadan, S.Ag.M.Pd.CTMP antara lain menegaskan bahwa penyebaran Virus Corona adalah masalah yang mendapat perhatian serius pemerintah termasuk pimpinan TNI dan Polri, dimana upaya pencegahan ini juga membutuhkan dukungan masyarakat antara lain dengan membiasakan pola hidup sehat, memakai masker, mencuci tangan secara benar dan mengkonsumsi makanan sehat yakni sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Kita berharap kegiatan hari ini dapat memberikan pencerahan, informasi serta menambah pengetahuan tentang Covid-19 bagi anggota TNI dan masyarakat umum di Kota Bitung khususnya.”tandas Danlantamal VIII pada akhir sambutanya.

Sementara itu, Karumkital dr Wahyu Slamet Lantamal VIII Manado
Letkol Laut (K) drg. I Wayan Tapayasa, Sp. KGA dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa kegiatan promosi kesehatan deteksi dini,kesiapsiagaan dan pencegahan penyebaran COVID-19 ini merupakan tindak lanjut dari perintah Danlantamal VIII terkait dengan dukungan Rumkital dr Wahyu Slamet Lantamal VIII Manado sebagai instalasi kesehatan yang akan memberikan layanan kepada keluarga besar TNI AL dan masyarakat umum.

Baca Juga:  Nayodo Tinjau RSUD Kotamobagu

“Selain upaya antisipasi lain, kegiatan hari ini juga merupakan upaya nyata untuk menunda, mengurangi bahkan menghentikan penyebaran virus Corona khususnya diwilayah tugas Lantamal VIII”tandas Tapayasa sambil menambahkan secara mandiri pencegahan penyebaran virus Corona dapat dilakukan dengan menerapkan budaya hidup bersih dan sehat serta tidak mudah percaya informasi HOAX.

Pada kegiatan promosi kesehatan deteksi dini, kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19 yang dilaksanakan oleh Rumkital dr Wahyu Slamet Lantamal VIII ini antara lain melalui Sosialisasi Deteksi Dini Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 oleh Kabag Penyakit Dalam Rsal. dr. Wahyu Slamet (Mayor Laut (K/W) dr. Ellen Sendouw, Sp. PD) yang diikuti Personel Guskamla Koaemada II, Satrol Lantamal VIII, Yonmarhanlan VIII/Btg, Rumkital dr. Wahyu Slamet Bitung, anggota KRI Mandau dan undangan lainnya .

Adapun pejabat yang hadir pada kegiatan yang didukung penuh Yonmarhanlan VIII Bitung ini turut antara lain Aspers Danlantamal VIII Letkol Laut (KH) Dadan, S.Ag, M.Pd, CTMP mewakili Danlantamal VIII,
Aslog Guskamla Koarmada II Kolonel Laut (T) Binsar Siahaan, S.T.,M.M, Dansatrol Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Djoko Prijatin, Danyonmarhanlan VIII/Btg Letkol Marinir Nandang Permana Jaya S.E
, Karumkital dr. Wahyu Slamet Bitung Letkol Laut (K) drg. I Wayan Tapayasa, Sp. KGA, Kadiskes Lantamal VIII (Letkol Laut (K) drg. Suhartono, Sp. KG), Kepala KSOP kota Bitung Marsidi, Kepala KKP kota Bitung dr. Pingkan M Pijoh, MP.HM di wakili dr. Frans Mintardjo
,GM. Pelindo IV Kota Bitung Ending Wahyu , Kepala Beacukai kota Bitung serta Kadiskes kota Bitung dr. Jeanet.

Baca Juga:  Buka Seminar Literatur Digital, Mantiri : Masyarakat Bijak Bermedia

Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan Sosialisasi pelaksanaan cuci tangan dengan standar WHO oleh tim Pengendalian Penyakit dan Infeksi (PPI) Rumkital dr Wahyu Slamet Btg, peragaan cuci tangan Penyerahan /Pembagiaan Vitamin secara simbolis oleh Aspers Danlantamal VIII.(nando)