Menyesuaikan Cuaca Papua, Sulut United Genjot Latihan Siang Hari

MANADO,Manadonews.co.id-.Tim Sulut United terus mengenjot fisik dengan mengelar latihan siang hari dengan kondisi cuaca panas. Cara yang dilakukan ini merupakan bagian persiapan Tim menjelang tur Papua yang akan dimulai pada 13 Maret mendatang.

Menurut asisten Manajer Tim Sulut United Vian Rondonuwu, para pemain harus terbiasa dengan cuaca panas di Papua. Cara yang dipilih ini merupakan bagian persiapan.

Latihan ini sengaja dilakukan mengantisipasi udara yang panas di Papua,” ungkap Vian Rondonuwu. Kick-off Liga 2 2020 rencananya bakal digelar pada Sabtu, (14/3/2020) mendatang.

Laga Persiba Balikpapan vs Kalteng Putra menjadi laga pembuka Liga 2 musim 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan.

PT LIB akan menggunakan format baru kali ini, Tanpa babak 8 Besar.

Jika pembukaan Shopee Liga 1 kemarin di jawa, jadi sekarang Liga 2  berlangsung di luar jawa. Sudah ada beberapa permintaan namun kita putuskan di Kalimantan karena sebagai calon wilayah ibu kota baru,” tutur Cucu Somantri, Direktur Utama PT LIB, dilansir laman resmi Liga Indonesia belum lama ini.

Baca Juga:  Disponsori Sulut United, Sepakbola Usia Muda Piala Soeratin U-17 Digelar

Gelaran kompetisi Liga 2 2020 sendiri diikuti oleh 24 tim dan dibagi ke dalam dua grup, yaitu Grup Barat dan Grup Timur. Masing-masing grup berisi 12 tim.  Di Grup Barat, banyak dihuni oleh klub-klub asal Pulau Sumatera, seperti PSMS Medan, PSPS Riau, dan Sriwijaya FC, selain dua tim degradasi dari Liga 1 musim lalu, yakni Badak Lampung FC dan Semen Padang.

Selain itu, masih ada PSIM Yogyakarta dan Perserang Serang yang juga ada di grup ini. Sementara di Grup Timur, ada empat klub asal Pulau Kalimantan. Mereka adalah Martapura FC, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, serta Mitra Kukar. Belum lagi Persis Solo dan PSCS Cilacap yang berada di grup yang sama. 

Liga 2 kali ini juga diikuti oleh enam klub berstatus promosi dari Liga 3 musim lalu. Keenamnya adalah PSKC Cimahi, Persijap Jepara, Persekat Tegal, AA Tiga Naga, Putra Sinar Giri, dan Persigo Semeru FC Sesuai rencana, kompetisi musim 2020 bakal menggunakan format baru. Berbeda dengan edisi sebelumnya yang menggelar babak 8 besar, PT LIB memutuskan untuk tidak menggunakan fase tersebut, melainkan langsung menuju babak empat besar, yaitu laga final dan perebutan tempat ketiga.

Baca Juga:  Dukung Sulut United, Brigata The Man Siap Bersih-Bersih Stadion Klabat

Juara dari masing-masing grup (Grup Barat dan Timur) bakal melaju ke pertandingan final sekaligus memastikan diri satu tiket promosi ke Liga 1 2021. Artinya, peringkat pertama otomatis akan mendapatkan jatah naik ke Liga 1.

Sementara satu tiket promosi tersisa akan menjadi hak dari runner up grup. Dua tim yang menempati posisi ini akan memainkan laga play off untuk menentukan satu tim pemenang promosi ke Liga 1.
(Ben)

Tags: