Cegah Corona, Pemkab Minsel Liburkan Sekolah

MINSEL, MANADONEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan meliburkan seluruh sekolah TK, SD dan SMP, sejak tanggal 16-30 Maret 2020. Kebijakan ini diambil Bupati Christiany Eufemisme Paruntu guna mencegah penyebaran virus corona.

Respon cepat ini diambil setelah di Manado sudah ada satu kasus berkaitan dengan virus corona. Hal ini disampaikan langsung Bupati Minsel melalui Kadis Pendidikan Fietber Raco.

“Berkaitan dengan Covid-19 atau virus corona, maka PAUD, TK, SD, dan SMP se Kabupaten Minsel, libur mulai Senin 16 Maret hingga 30 Maret 2020,” sebut Raco.

“Iya, kita lebih baik mencegah dan mengantisipasi apalagi terhadap anak anak. Ini merupakan salah satu bentuk kewaspadaan dini dan respon terhadap penularan Covid -19. Dan ini sudah diteruskan di semua grup sekolah, mendahului surat edaran,” tutur Raco.

Selain itu Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu juga mengeluarkan himbauan kepada masyarakat.

“Menyikapi perkembangan kasus Corona (Covid-19) di Indonesia yang terus bertambah, maka saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat melakukan beberapa hal untuk melakukan pencegahan dan pengendalian penularan Covid- 19 dengan langkah-langkah sebagai berikut, diantaranya, orang dengan risiko tinggi yang memiliki penyakit penyerta atau sakit kronis seperti Hipertensi, Jantung, Diabetes Melitus, dll, orang yang sudah lanjut usia, balita agar tidak melakukan aktivitas ke tempat-tempat umum/pusat keramaian,”ujar Bupati melalui surat edaran.

Baca Juga:  HUT KKK Kaltim ke-12 Berlangsung Meriah

Ditambahkan, setiap tempat-tempat umum seperti supermarket, mall, tempat bermain, tempat ibadah, pasar, untuk menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

“Setiap orang yang mengalami gejala batuk flu agar beristirahat dirumah dan jika gejala penyakit bertambah berat seperti sesak nafas, segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat dan wajib menggunakan masker serta hindari penyebaran kuman dengan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang sedang batuk flu,” tambah CEP.

Lanjutnya, jika orang menyadari pernah kontak dengan orang yang positif covid – 19 atau datang dari Negara dan atau wilayah terjangkit untuk segera menghubungi petugas kesehatan terdekat dan akan dijemput oleh fasilitas yang sudah disiapkan.

“Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir sesering mungkin setelah bersentuhan dengan apa saja. Hindari salaman langsung diganti dengan susun tangan atau tangan kanan diletakan di dada kiri. Makan makanan bergizi serta rajin olahraga untuk menjaga imunitas/kekebalan tubuh,”pungkasnya.

Dibagian akhir dari imbauan Bupati CEP, jika tidak ada kebutuhan mendesak sebaiknya tetap tinggal di rumah. Untuk info terkait virus corong, dapat menghubungi layanan terpadu Covid – 19 di Nomor: 085341223577 (Sulut), 081244141148 (Minsel).

Baca Juga:  Berita Foto: Pembukaan Manado International Open Parachuting Championship 2016

(DArK)