Ini Himbauan Pemkab Bolsel Terkait COVID-19

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Sekretaris Daerah Marzansius A. Ohy, S.STP. secara resmi memberitahukan maklumat pencegahan Virus COVID-19 kepada pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Senin (16/3/2020).

Himbauan tersebut, yakni Dinas Kesehatan mengadakan penyemprotan disinfectant di tempat – tempat umum bersama team kabupaten yang dibetuk oleh Pemerintah Daerah dalam pencegahan Virus Covid – 19.

Dinas Kesehatan mengaktifkan Call Center 119 dan menyiagakan Tim Kesehatan mulai dari RSUD, PKM dan Pustu – Pustu di wiliayah masing – masing.

Untuk kekurangan perlengkapan kesehatan pencegahan covid – 19 di RSUD bolsel agar segera melengkapi fasilitas – fasilitas tersebut.

Untuk Pelaksanaan Rapat – Rapat Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan memfasilitasi alat scanner Virus Covid – 19 untuk pecegahan.

Kegiatan rutinitas Kemerintahan baik apel pagi dan apel Sore dilaksanakan di kantor dinas masing – masing dan menggunakan absen manual yang tembusan disampaikan ke BKPSDM.

Pelaksanaan Apel Korpri bagi ASN untuk besok ditiadakan, tapi tetap menggunakan pakaian Korpi.

Baca Juga:  Gubernur Olly Dondokambey Hadiri Pertemuan Iklim Dunia “R20 Austrian World Summit” di Austria

Pelaksanaan Festival Teluk Tomini 2020, dan MTQ Tingkat Kabupaten di tunda sampai waktu yang akan ditentukan kemudian.

Bimtek dan Diklat yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah ditunda sampai 2 (dua) pekan kedepan termasuk perjalanan dinas ASN, Pimpinan dan anggota DPRD keluar daerah dan luar provinsi.

Camat dan Sangadi serta jajaran melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan, serta mengajak masyarakat untuk memeriksakan diri ke RSUD, PKM  dan Pustu – Pustu apabila ditemukan ada gejala – gejala Virus Covid – 19.

Camat – camat menunda kegiatan kemasyarakatan kecuali yang sudah diagendakan ataupun hajatan duka selama 2 (dua) pekan kedepan.

Camat menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dalam menyikapi perkembangan Virus Covid – 19.

Camat menghimbau ke masyarakat untuk kegiatan acara kemasyarakatan baik hajatan pesta siang maupun malam hari harus dibatasi.

Dinas Pendidikan menyediakan hand sanitizer dan masker di sekolah – sekolah.

Dinas pariwisata menunda kunjugan turis – turis baik domestik maupun mancanegara untuk melakukan aktifitas wisata.

Baca Juga:  Bupati Kamaru Apresiasi KPU Bolsel

Bagi ASN yang terlanjur melaksanakan perjalanan dinas dari luar daerah maupun luar provinsi minggu sebelumnya untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri.

Kunjungan Ibu Gubernur Provinsi Sulawesi Utara ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang diagendakan tanggal 27 maret 202, ditunda.

Seleksi Paskibraka Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tingakat Provinsi ditunda sampai ada perkembangan selanjutnya.

Untuk Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Dinas pariwisata dan Kesbangpol terkait kunjungan turis domestik dan mancanegara yang kadang tanpa pemberitahuan ke pemerintah daerah dengan cara melayangkan surat resmi ke penginapan – penginapan yang ada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan agar list tamu yang menginap dilaporkan ke Pemerintah Daerah untuk pencegah dini Virus Covid – 19.

Terkait dengan himbawan dalam bentuk spanduk pencegahan Virus Covid – 19 akan dipasang di area – area publik di seluruh Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Kegiatan Program Ibadah Subuh berjamah Pemerintah Daerah tetap dilaksanakan sebagaimana biasanya.
(Bobby)