Example floating
Example floating
Berita UtamaManadoNasionalPendidikan

Vasung Tegaskan Konsep Belajar di Rumah Bukan Membebani Siswa dengan Tugas Bertumpuk

×

Vasung Tegaskan Konsep Belajar di Rumah Bukan Membebani Siswa dengan Tugas Bertumpuk

Sebarkan artikel ini
Vanda Sarundajang

JAKARTA, MANADONEWS – Pasca Pemerintah menghentikan kegiatan belajar di sekolah dan mengganti dengan pola “Belajar dari Rumah,” Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan terus melakukan dimonitor agar tidak keliru implementasinya.

Personil Komisi X Vanda Sarundajang (Vasung) mengemukakan pihaknya terus melakukan pemantauan terkait pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah.

MANTOS MANTOS

“Di beberapa daerah masih saja ditemukan guru atau dosen memberikan tugas sebanyak banyaknya agar dikerjakan siswa atau mahasiswa di rumah. Bukan seperti ini yang kita inginkan.” ujarnya.

Dijelaskannya proses belajar melalui pembelajaran daring/jarak jauh hendaknya dilaksanakan bukan untuk membebani peserta didik dengan “tuntutan” untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum atau untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

Vanda Sarundajang

“Guru sebagai pendidik punya tanggungjawab untuk memberikan pendampingan kepada siswa dalam proses belajar. Hal itu tetap dijalankan tapi sekarang dilakukan secara online.,” tandasnya

Legislator utusan Dapil Sulawesi Utara itu mengingatkan para pendidik, baik para guru maupun dosen agar dalam melaksanakan kegiatan belajar daring/jarak jauh, difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup termasuk tentang pandemi Covid-19, sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020,

Vanda Sarundajang dalam sebua sesi wawancara dengan awak media

“Jadii bukan sekedar memberikan tugas yang banyak kepada siswa namun juga mempertimbangkan faktor-faktor psikologis peserta didik.” jelasnya.

“Yang kami temukan di lapangan misalnya bahwa tugas-tugas yang diberikan guru/dosen dinilai terlalu membebani peserta didik. Hal ini dikhawatirkan dapat menjadi masalah psikologis. Kenapa? Dengan tinggal dirumah selama berhari-hari itu sudah menimbulkan beban tersendiri kepada anak-anak, apalagi kemudian ditambah beban tugas yang banyak. Kesehatan mental/psikologis peserta didik juga harus menjadi bahan pertimbangan yang utama,” lanjutnya.

Ia berharap bahwa pandemi Covid-19 ini segera berakhir, supaya kegiatan belajar mengajar bisa berjalan normal kembali.

(*)

Example 120x600