TP-PKK Kota Bitung Dukung Pemkot Antisipasi Covid-19 Dengan Program Ketahanan Pangan

BITUNG, MANADONEWS.co.id- Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan TP- PKK Kota Bitung bekerjasama dengan unsur Forkopimda melaksanakan program ketahanan pangan, Jumat (3/4/2020) di wilayah Kota Bitung.

“Pada prinsipnya program ini berkaitan dengan antisipasi yang dilakukan atas dampak dari penyebaran virus Corona di wilayah kota Bitung,”ujar Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung kepada media ini.

Rawung menjelaskan, program upaya ketahanan bersama bagi masyarakat kota Bitung ini dalam bentuk
penanaman BARITOS (Bawang, Rica, Tomat dan Sayur) dan tanaman sumber karbohidrat (Umbi-umbian, pisang dan jagung).

“Soal ketahanan pangan dalam menghadapi dan mengantisipasi kemungkinan terburuk dari penyebaran virus Covid-19 ini merupakan salah satu hal yang patut diperhatikan dan di persiapkan sedini mungkin dengan maksimal.”ujar Rawung sambil menambahkan TP-PKK sejak awal bersinergis dan mendukung penuh upaya Pemkot Bitung dalam menghadapi ancaman Covid-19 antara lain kreativitas membuat cairan Hand Sanitezer, Disinfektan serta masker pelindung wajah.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maximillian Jonas Lomban (MJL) selaku penggagas program ini dalam sambutannya antara lain menegaskan, bahwa pencanangan program Lumbung Pangan Berbasis Kelurahan dan Masyarakat ini dilaksanakan di seluruh wilayah Kota sesuai instruksi dari Asisten I Pemkot Bitung Kepada para Kepala RT se-Kota Bitung.

Baca Juga:  Ke Batu Opo Siouw Kurur Sagerat Bersua Opa Ticoalu yang Berumur 117 Tahun

“Saya berharap instruksi ini dapat dilaksanakan oleh kepala RT se-Kota Bitung sebagai aksi nyata mendukung upaya pemerintah Kota Bitung dalam mengatasi dampak wabah virus Corona yakni dengan memanfaatkan pekarangan masing-masing dengan ditanami tanaman Baritos.”tandas Wali Kota Bitung MJL sembari menegaskan Pemkot Bitung terus bersinergis dengan Forkopimda dan masyarakat menghadapi Covid-19.

Adapun kegiatan penanaman Baritos ini dlakukan di 4 lokasi, yaitu :

  1. Lokasi Pertanian Milenial Kota Bitung
  2. Lokasi Asrama Polisi (Pertanian milik Polres Bitung)
  3. Lokasi Paceda (pertanian milik Kodim 13/10 Bitung)
  4. Lokasi Naemundung milik (Pertanian TNI-AL Yonmarhanlan VIII Bitung) .(nando)