Dinkes Apresiasi Polres Minahasa terkait Prosesi Pemakaman Jenasah PDP

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Pemkab Minahasa melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan apresiasi terhadap Polres Minahasa yang telah membantu pihaknya sehingga pemakaman terhadap 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjalan lancar.

Demikian dikatakan Kepala Dinkes Minahasa dr Maya Rambitan M.Kes saat berlangsungnya pelatihan protokol pemakaman jenasah korban Covid-19 di aula Tansa Trisna Mapolres, Kamis (23/4/2020).

Jubir Covid 19 pemkab Minahasa dr Maxi Umboh yang menjelaskan penggunaan APD HAZMAT SUIT tidak diperlukan saat pemeriksaan di jalan/lapangan dikarenakan pakaian tersebut sangat dibutuhkan oleh tim medis di RS dan penggunaannya hanya satu kali.

“Yang sangat perlu diperhatikan dalam penggunaan APD adalah saat pelepasan pakaian APD sehingga dapat terhindar dari inveksi virus. Apalagi untuk pengepakan jenazah dilaksanakan oleh pihak dari rumah sakit,” tutur Umboh.

Kepala penunjang medis RSUD Sam Ratulangi Tondano dr Novita Roring dalam materinya tentang protokol pemakaman korban Covid-19 19 mengatakan dalam proses pemakaman, maksimal pemakaman jenazah hanya 4 jam.

“Saat jenazah keluar dari Rumah Sakit telah steril dan tidak akan menjangkit ke masyarakat dikarenakan disaat telah meninggal virus tersebut ikut mati juga,” katanya.

Baca Juga:  Hadiri Pengukuhan KSMM, Mumek: Minahasa Tanahnya Kerukunan Umat Beragama

Pelatihan turut dihadiri Kapolres AKBP Denny Situmorang SIK dan jajaran, serta diikuti personel Polres, Kodim dan Satpol PP Minahasa.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
9 votes

This will close in 10 seconds