Ditengah Wabah Covid-19, Satgas Pamtas RI-PNG 411 Kostrad Bantu Persalinan Warga Papua di Bivak

MERAUKE,MANADONEWS.co.id- Ditengah meluasnya penyebaran virus Corona (Covid-19) termasuk di wilayah Papua, dengan sigap personel kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad kembali membantu persalinan ibu Apolina Maywa (24) warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Senin (27/4/2020).

Dansatgas menjelaskan, kejadian tersebut bermula pada hari Sabtu (25/4/2020) pukul 07.00 WIT, saat Bapak Bernat Maywa (54) datang ke Pos Yakyu, dan meminta bantuan bahwa putrinya Apolina Maywa (24) saat ini sudah dibivak akan melahirkan.

“Mendapat laporan tersebut, Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi, bersama tim Kesehatan Satgas terdiri dari Dantonkes Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, Tamtama Kesehatan (Takes) Pratu Suparyadi dan empat personel lainnya, segera menuju ke
bivak yang tidak jauh dari kampung untuk segera membantu persalinan,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, sesampainya di bivak, setelah menunggu beberapa jam tepatnya sekitar pukul 14.15 WIT, melalui proses persalinan secara normal dan perlengkapan yang sederhana, Tim Kesehatan Satgas membantu Ibu Apolina melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan.

Baca Juga:  Daftar di KPU Manado, Mor-HJP Serahkan ke Hati Nurani Masyarakat

“Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir dengan normal dan kondisi sehat serta memiliki berat 3,2 Kg dan panjang 47 Cm,” terang Mayor Inf Rizky.

Ditambahkannya, bahwa proses persalinan yang dilaksanakan dibivak di hutan dekat kampung, merupakan sebuah tradisi adat Suku Kanum warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Merauke, jika melahirkan harus dilaksanakan diluar rumah dan tinggal dihutan selama 11 hari.

Untuk itu kata Mayor Inf Rizk apa yang dilakukan jajarannya itu, merupakan implementasi dari komitmen Satgas Pamtas sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan, serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi warga perbatasan RI-PNG.

“Membantu proses persalinan warga Papua ditengah wabah virus corona ini adalah untuk yang kedua kalinya, hal ini sebagai wujud nyata TNI dalam membantu Instansi Kesehatan setempat untuk ikut serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Alumni Akmil tahun 2003 tersebut.

Sementara itu, Bapak Bernat Maywa (54) orang tua dari Apolina Maywa, mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Yakyu yang telah membantu persalinan putrinya yang melahirkan anak keduanya.

Baca Juga:  Golkar juga Terjepit di Manado, Peta Dukungan Terbaru Parpol Pemilik Kursi Dewan Kota

“Mewakili keluarga, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak TNI dan, semoga kelak cucu kami juga dapat berguna dan bermanfaat bagi orang banyak,” ucapnya.(Puspen TNI/Regina TS)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
76 votes

This will close in 10 seconds