Tumpahan Readymix Hancurkan Banyak Jalan di Manado, Pemerintah harus Bertindak!

Tumpahan readymix menutupi separuh jalan tanjakan akses Ringroad-Tingkulu depan Kantor Dinas PUPR Kota Manado


Manado – Pengaspalan hotmix jalan per kilometer bisa menghabiskan anggaran hingga dua miliar rupiah.

Namun disayangkan, tumpahan readymix atau campuran spesi siap pakai dari mixer truck telah merusak banyak ruas jalan di Kota Manado terutama pada ruas tanjakan.

Pemerhati kota yang juga aktivis anti korupsi, Ventje Bilusajang, mendesak pemerintah melalui instansi teknis terkait memberi sanksi tegas kepada oknum sopir dan pemilik perusahaan dari mixer truck yang menumpahkan readymix di jalan raya.

“Bayangkan, jalan yang dibangun miliaran rupiah sekejap hancur akibat tumpahan readymix,” ujar Ventje Bilusajang kepada wartawan Manadonews.co.id, Rabu (29/4/2020).

Ventje menambahkan, seharusnya pemilik perusahaan readymix termasuk sopir mixer truck memiliki tanggung-jawab moral dan hukum pada pemanfaatan fasilitas umum.

“Tumpah di jalan karena sisa readymix tidak dibersihkan. Apakah mereka menganggap jalan umum itu milik sendiri? Tapi aneh, hingga sekarang pemerintah melalui dinas perhubungan dan instansi teknis terkait lainnya acuh pada kerusakan jalan yang dibangun dari uang rakyat ini,” tandas Ventje dengan nada tinggi.

Baca Juga:  Calon Bagi-bagi Uang 'Beli' Suara tidak Berintegritas, Berpotensi Besar Lakukan Korupsi jika Memimpin

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Sulawesi Utara, Lynda Watania, menantang warga melaporkan jika melihat langsung tumpahan readymix dari mixer truck.

“Untuk menindaki kami butuh bukti kendaraan yang menumpahkan, pelat nomor dan tempat kejadian. Paling bagus difoto,” tutur Lynda Watania kepada wartawan usai rapat paripurna di DPRD Sulut, beberapa waktu lalu.

(YerryPalohoon)