Hasil Swab Test Keluar, Dua PDP Meninggal Kota Tomohon Bukan Positif Covid-19

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid=19 Kota Tomohon dalam siaran pers yang disampaikan Juru Bicara Yelly Potuh, SS, merilis data penyebaran covid-19 di Kota Tomohon sampai dengan hari sabtu tanggal 2 Mei 2020 sebagai berikut:

Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Tomohon tidak ada perubahan, tetap tercatat 6 orang dengan rincian : 1 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan 4 orang sedang dirawat di RS. Sebaran pasien : 4 orang dari kec. Tomohon Tengah dan 2 orang dari kec. Tomohon Selatan.

PDP bertambah 1 orang, yaitu : pasien perempuan/66 tahun, dari kec. Tomohon Selatan. Pasien masuk RSUD Anugerah Kota Tomohon pada hari Rabu tanggal 29 april 2020 dan saat ini masih dirawat di RS tersebut. Untuk hasil pemeriksaan rapid test maupun swab test sedang ditunggu.

PDP meninggal dunia bertambah 1 orang, yaitu : pasien laki-laki/73 tahun, dari kec. Tomohon Timur, dengan kronologi : pasien masuk RSUD Anugerah pada hari Senin tanggal 27 April 2020 dan meninggal dunia hari Jumat tanggal 1 Mei 2020 pukul 19.51 wita, dimakamkan dengan protokol pemakaman covid-19. Hasil rapid test non-reaktif, dan sudah diambil spesimen swab test, selanjutnya menunggu hasil.

Baca Juga:  Bupati Perbatasan Ini Beri Selamat kepada Wiranto

Sudah keluar hasil pemeriksaan spesimen swab test negatif (bukan covid-19) dari 2 orang PDP yang telah meninggal dunia, yaitu : (1) pasien perempuan/73 tahun, dari kec. Tomohon Utara, yang meninggal dunia pada hari jumat tanggal 17 April 2020 di salah satu rumah sakit swasta di Kota Tomohon dengan hasil pemeriksaan rapid test non-reaktif. (2). Pasien perempuan/70 tahun, dari kec. Tomohon Tengah, yang meninggal dunia pada hari Kamis tanggal 16 April 2020 di RSUD Anugerah dengan hasil pemeriksaan rapid test non-reaktif.

Kesimpulan yang dapat dirangkum sampai hari ini untuk PDP di Kota Tomohon setelah diakumulasikan sampai saat ini adalah 28 orang, dengan rincian : þ PDP dalam perawatan : 6 orang sebaran pasien : 4 orang dari kec. Tomohon Selatan, 2 orang dari kec. Tomohon Barat. 3 orang dirawat di RSUD Anugerah,, 1 orang dirawat di RS Sam Ratulangi Tondano, 2 orang dirawat di RSUP Prof. Kandou Manado.

PDP meninggal dunia yang hasil pemeriksaan swab test-nya sedang ditunggu : 7 orang sebaran pasien : 4 orang dari kec. Tomohon utara, 1 orang dari kec. Tomohon Timur, 1 orang dari kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari kec. Tomohon Selatan.

Baca Juga:  Bapelitbang dukung penuh TIFF 2018

PDP meninggal dunia dengan hasil swab test negatif (bukan covid- 19) bertambah 2 orang, sehingga total menjadi 4 orang sebaran pasien : 1 orang dari kec. Tomohon Utara, 1 orang dari kec. Tomohon Tengah, 2 orang dari kec. Tomohon Selatan.

PDP dengan hasil pemeriksaan swab test negatif (bukan covid-19) : 7 orang sebaran pasien : 3 orang dari kec. Tomohon selatan, 3 orang dari kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari kec. Tomohon Timur.

Terlapor PDP sebelumnya dan kemudian dinyatakan sudah tidak termasuk kriteria pdp : 4 orang sebaran pasien : 2 orang dari kec.tomohon utara, 1 orang dari kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari kec. Tomohon Barat. Pasien yang berasal dari kec. Tomohon Barat meninggal dunia dalam perawatan sebagai pasien penyakit dalam.

Pelaku perjalanan 1349 orang, selesai dipantau 1213 orang, ODP 8 orang, Hasil tracking 371 orang, Hasil pemeriksaan rapid test reaktif bertambah 3 orang dengan sebaran 1 orang dari kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari kec. Tomohon Barat, 1 orang dari kecamatan Tomohon Selatan, sehingga total menjadi 16 orang, jika diakumulasikan, maka sebaran hasil pemeriksaan rapid test reaktif menjadi : 9 orang dari kec. Tomohon Tengah, 4 orang dari kec. Tomohon Selatan, 2 orang dari kec. Tomohon Utara, 1 orang dari kec. Tomohon Barat. Untuk pemeriksaan spesimen swab test sedang menunggu hasil.

Baca Juga:  Kejar Persiapan Pilpres, Demokrat Targetkan Musda Selesai Tahun Ini

Yunita Rotikan