Pasca Penertiban Tambang Liar, Bupati James Sumendap Berikan Solusi

MITRA, ManadoNews.co.id – Pasca penertiban aktivitas tambang liar di lokasi Kebun Raya Megawati Ratatotok, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Bupati James Sumendap, mengaku siap membantu sekaligus memberikan solusi terbaik bagi mereka yang menggantung hidup dari isi perut bumi berupa menggali bongkahan emas.

Wawancara media ini kepada Bupati James Sumendap, dirinya dengan keras mengatakan semua kegiatan penambang Ratatotok adalah illegal. Meski demikian, sang gladiator mengaku siap memberikan jaminan asalkan mengikuti aturan yang ada.

“Silahkan buat koperasi. Saya akan bantu untuk pengurusannya. Perlu saya tegaskan, apapun yang mereka (penambang liar, red) lakukan adalah melanggar hukum dan berpotensi masuk penjara,” tegas Sumendap, Rabu (6/5/2020).

Lebih lanjut Sumendap mengatakan, selama ini pihaknya sudah sangat berbaik hati dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat penambang agar melakukan aktivitas yang bukan di wilayah kebun raya.

“Selama ini penambang illegal khususnya yang tradisional tidak diganggu. Tetapi mereka menerobos masuk daerah objek vital. Dimana kebun raya yang seharusnya menjadi icon Indonesia dan dunia, mereka datang merusak bahkan mencuri. Itu tidak dibenarkan. Tidak ada solusi selain kembali ke jalan yang benar!,” pungkasnya.

Baca Juga:  Malonda Beberkan Rumusan Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih

(gerimokobimbing)