13 Tahun Mitra, James Sumendap Disebut Pahlawan

MITRA, ManadoNews.co.id – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan berulang tahun yang ke-13 pada Sabtu 23 Mei 2020. Perkembangan diberbagi sektor yang bagitu signifikan, sangat terasa di daerah ini.

Sejak dipimpin oleh James Sumendap periode 2013-2018 lalu, siapa sangka daerah yang memiliki 12 Kecamatan dan 144 Desa/Kelurahan berkembang pesat disegala sektor.

Masih segar di ingatan warga, di era pemerintahan sebelum James Sumendap, pembangunan tak sepesat sekarang ini. Mungkin, karena daerah otonom baru sehingga pembangunannya masih terbatas bahkan meninggalkan ‘noda’ disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Komitment membangun daerah ini, JS sapaan akrab Bupati Mitra ini pun merubah daerah ini menjadi lebih baik. Diantaranya infrastruktur jalan dan jembatan perlahan mulai di poles.

Tak hanya itu, bidang pendidikan juga dimaksimalkan, struktur pemerintahan dibuat ketat dan tegas, sehingga menghasilkan birokrasi yang baik. Pertanian, perkebunan dan kelautan juga tak luput dari perhatian JS.

Bantuan alat pertanian dan alat untuk nelayan terus disiapkan setiap tahunnya. Demikian halnya sektor pariwisata. Dimana objek wisata dikelola dan dipoles sedemikian bagusnya sehingga potensi wisata semakin dikenal masyarakat luas. Contoh Pulau Punten dan Pantai Lakban. Yang tak kalah pentingnya adalah keberhasilan pengelolaan keuangan yang semula disclaimer secara beruntun meraih headtrik Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK.

Baca Juga:  Pilkada Sulut 2020: Vicky Lumentut Tiba, Ruas Kairagi Macet

Tentu, ini semua berkat hasil kerja keras leader hebat berjuluk ‘gladiator’ James Sumendap. Tangan dinginnya mampu membuat Minahasa Tenggara, daerah kecil di bagian Tenggara Sulawesi Utara, mampu bersaing dengan 14 kabupaten kota lainnya di bumi nyiur melambai.

“Lewat kepemimpinan sang Gladiator Bupati James Sumendap, SH, Sekalipun terbilang usia yang masih remaja, Mitra sudah sangat berkembang dan maju di berbagai sektor. Yang jelas dampaknya di rasakan oleh masyarakat Mitra,” ungkap salah satu tokoh pemuda di Kecamatan Touluaan Farly Dona.

Menurut Dona, komitment memimpin Mitra dengan sepenuh hati, menjadikan daerah ini sangat berkembang. “Terimakasih kepada Bupati James Sumendap, SH yang memimpin Mitra dengan sepenuh hati. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa pahlawannya. JS adalah pahlawan Mitra saat ini,” katanya.

Tak sampai disitu, teranyar, prestasi membanggakan yang dicapai Bupati James Sumendap, yakni mendapat nilai tertinggi Monitoring Center For Prevention (MCP) KPK, banjir apresiasi. “Salut atas keberhasilan Bupati James Sumendap mencegah korupsi di Mitra,” sebut Ketua DPD KNPI Sulut Jackson Kumaat dan Sekretaris LAKRI Mitra Veppy Rambi.

Baca Juga:  Dirut RSUP Kandou Hadiri Pertemuan Evaluasi Dewas Kemenkes-RI

(gerimokobimbing)