Ditengah Pandemi COVID-19, Disbun Sulut Genjot Program Pengembangan Kelapa

SULUT,Manadonews.co.id-.Ditengah pandemi virus corona, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) tak tinggal diam, tetapi terus mencari ide untuk mensejahterakan petani. Terbukti, Dinas Perkebunan Sulut menggandeng Unsrat untuk program  pengembangan kelapa di era Pandemi Covid-19.

Kadis Perkebunan Refly Ngantung mengatakan, supaya petani kelapa sejahtera dan tidak berharap ke kopra  lagi, maka akan dibuat pengembangan akan kelapa  dengan turunannya.

“Karena itu kami menggandeng para akademisi Unsrat khususnya Fakultas Pertanian untuk membantu masyarakat petani kelapa, “jelasnya.

Ngantung menjelaskan Gubernur Olly dan Wagub Steven selalu memperhatikan petani Sulut. Dengan melakukan pemberdayaan terhadap petani.

“Jadi petani kelapa tak cuma tahu kopra saja, tapi ada turunan agroindustri yang akan diolah menjadi cemilan ringan, VCO dan minuman sehat , “jelas Ngantung.

Sementara Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Unsrat Dr Dedie Tooy, MS menambahkan patut diaperiasi kepada kepemimpinan ODSK karena ditengah pandemik corona terus memperhatikan akan rakyatnya terutama petani kelapa. Karena kelapa sangat potensial dikembangkan mulai dari akar sampai daun.

Baca Juga:  Mengembalikan Kejayaan Komoditi Perkebunan Sulut

“Kami tim Unsrat dan Dinas perkebunan Sulut sudah berdiskusi tentang sektor hilir Kelapa.
Diharapkan akan semakin berdampak ke petani Sulut,” tukasnya.

Tooy menambahkan jika sektor hilir kelapa berjalan bagus yang pasti petani kelapa akan sejahtera.

“Karena itu kami pun akan mendampingi petani untuk mengolah agroindustri kelapa mulai dari VCO, cemilan ringan dan minuman sehat, ” tambah Tooy yang didampingi tim Dr Tommy Lolowang, MS.
(***/stvn)

Tags: