Kajati Sulut Rapat Bersama Gubernur Sulut dan FKUB Sulut Bahas Sholat Fitri 1 Syawal 1441 H

SULUT, MANADONEWS.co.id-Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) Andi Muh Iqbal Arief, SH. MH mengikuti rapat dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut serta Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Sulut, membahas tindaklanjut hasil rapat antara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia pada hari Senin tanggal 18 Mei 2020 melalui Video conference (Vicon).

Kasi Penkum Kejati Sulut Yoni.E.Malaka,SH kepada media ini menuturkan, bahwa kegiatan tapat yang dipimpin oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE tersebut dilaksanakan di ruang Kerja Gubernur Sulut Selasa (19/5/2020) sekitar pukul 14.00 WITA dan dihadiri Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, SH. MH bersama Anggota Forkopimda Sulut dan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Sulut antara lain hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Utara, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Sulut, Ketua Muhammadiyah Provinsi Sulut dan Dewan Masjid Indonesia Provinsi Sulut.

Yoni menambahkan, dalam rapat tersebut, diberikan kesempatan kepada seluruh anggota Forkopimda untuk memberikan pendapatnya oleh Gubernur Sulut dan hal yang dibahas antara lain terkait dengan Covid-19 yang semakin menanjak sehingga diperlukan kerjasama yang baik dari seluruh pihak, baik pemerintah dengan masyarakat untuk lebih mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.

Baca Juga:  Wagub: AABI Jaga Sinergitas Bersama Pemerintah

Dia menjelaskan, selain itu dalam rapat itu juga membahas masalah Sholat Idul fitri 1 Syawal 1441 H di tengah Pandemi Wabah Covid-19 tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Utaram

Menurut Yoni, pada rapat itu disimpulkan bahwa Sholat Idul fitri dilaksanakan dengan berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor : SE-6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah Pandemi Wabah Covid-19, dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk itu umat Muslim melakukan ibadah Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing dan tidak ada Sholat Idul fitri di Masjid-Masjid dan Lapangan.

“Adapub kegiatan rapat tersebut berlangsung dengan aman dan tertib dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan Covid-19 yakni menggunakan masker selama kegiatan rapat dan physical. Distancing).”tandas Yoni.(nando)