WOW!!! Gubernur Sulut Layangkan Surat Teguran Kepada Bupati Minut

MANADONEWS.Co.id- Sehubungan dengan banyaknya persoalan mengemuka yang di nilai dapat menghambat percepatan penanganan Covid-19 , Gubernur Sulut Olly Dondokambey akhirnya menegur Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dengan surat teguran resmi.

Asisten I Pemerintahan Edison Humiang melalui Karo Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sulut DR Jemmy Kumendong ketika di konfirmas Via telepon genggamnya, Jumat (23/4/2020) menegaskan bahwa Gubernur Sulut telah menegur Bupati Minut lewat surat resmi , terkait penanganan covid 19 dengan surat Teguran Nomor : 008/20.6047/Sekr.Ro.Pem tertanggal 20 Mei 2020 yang ditanda tangani langsung Oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey,SE.

Adapun isi dari surat teguran itu adalah;

“Sehubungan dengan rencana penetapan lokasi lahan pemakanan khusus korban COVID-19 yang meninggal dunia, maka disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa pelaksanaan Sosialisasi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 28 April 2020 tentang rencana lokasi lahan pekuburan khusus pemakanan korban COVID-19 di Ilo-Ilo Desa Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, mendapat penolakan dari warga setempat;
  2. Bahwa Bupati Minahasa Utara dalam pernyataan, turut menolak rencana lokasi lahan pekuburan khusus pemakaman korban CIVID-19 tersebut;
  3. Bahwa tindakan Bupati Minahasa Utara tersebut, tidak sesuai dengan amanat pasal 65 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menegaskan bahwa Kepala Daerah mempunyai tugas memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  4. Bahwa tindakan Bupati Minahasa Utara tersebut, dapat menghambat proses percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara. Sebagaimana diatur dalam Pasal 14 Ayat (1) dan (2) Undang-Uundang Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah Penyakit Menular;
  5. Sehubung dengan hal-hal tersebut diatas, Bupati Minahasa Utara diberikan TEGURAN atas tindakan yang dilakukan dan selanjutnya diharapkan dapat mendukung program-program pemerintah dalam upaya percepatan COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara.”
Baca Juga:  Tim Totosik Polres Tomohon Ringkus 2 Tersangka Curanmor

Jemmy Kumendong menjelaskan, surat Teguran itu dilayangkan salah satunya alasan bahwa penanganan covid termasuk lahan pekuburan di Ilo ilo yang disebut mendapat penolakan dari Bupati.

“Penerbitan surat teguran oleh Gubernur Sulut kepada Bupati Minut itu telah sesuai dengan aturan yang berlaku, dimana terkait dengan upaya pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 seluruh pemerintah daerah harus melaksanakan dan bersinergis dengan kebijakan nasional.”tandas Kumendong sambil menegaskan pada prinsipnya surat teguran ini sifatnya sangsi yang jika diulangi akan mendapat teguran keras.(nando)