Hingga Pukul 13.30 Wita Belum Tampak Penjagaan

Manado – Pemerintah Kota Manado mulai Jumat (29/5/2020) hari ini, melakukan pembatasan masuk wilayah Kota Manado. Puluhan pos pemeriksaan di sejumlah pintu masuk keluar Manado akan melakukan pemeriksaan terhadap orang yang akan masuk Manado.

Namun, pantauan wartawan Manadonews.co.id di pos penjagaan Jalan Tololiu Supit, Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea, hingga pukul 13.30 Wita, belum tampak ada penjagaan.

Terlihat, beberapa orang masih melakukan persiapan. Posisi tenda sudah berdiri dilengkapi alat pencuci tangan dan fasilitas lainnya.

Anggota DPRD Kota Manado, Jean Sumilat, mengingatkan pemerintah kota konsisten sesuai waktu yang sudah diumumkan kepada masyarakat.

“Justru saya sebagai wakil rakyat di dewan kota mempertanyakan kesiapan Pemkot Manado. Kenapa hingga menjelang sore masih banyak pos batas kota belum melaksanakan penjagaan sesuai waktu yang ditentukan sudah dipublish kepada masyarakat?” tanya Jean Sumilat.

Diketahui, protokol kesehatan akan diterapkan oleh petugas di setiap pos, jika suhu badan 37,5 hingga 38 maka akan dilakukan Rapid Test.

Bagi warga yang akan keluar masuk Manado akan diwajibkan melakukan 3 hal ini yakni, wajib pakai masker, pemeriksaan suhu badan, harus di bawah 38 derajat dan penumpang kendaraan tidak lebih dari 50 persen. Hal ini sesuai dengan Pergub Nomor 8 Tahun 2020 tentang OPP Covid-19.

Baca Juga:  Rakor Penyusunan RKPD, Pemkot Tomohon Gunakan Aplikasi e-Proposal

Terkait lamanya pemeriksaan di pos jaga, yang sebelumnya direncanakan mulai pukul 06.00 hingga 19.00 Wita, untuk sementara ditiadakan dan pemeriksaan tidak ada batas waktu.

Berikut beberapa daftar pos penjagaan akses keluar masuk Kota Manado:

Kecamatan Malalayang 5 pos penjagaan.

Pos Kelurahan Winangun Satu (Citraland), Pos Kelurahan Malalayang Dua  (Tugu Boboca), Pos Kelurahan Malalayang, Pos Kelurahan Malalayang 1 Barat, Pos Kelurahan Batu Kota Bawah.

Kecamatan Wanea 3 pos penjagaan.

Pos Kelurahan Tingkulu (Seputaran RSUD Manado), Pos Kelurahan Tingkulu (akses masuk Golden Lake), Pos Kelurahan Bumi Nyiur (Pertigaan Terowongan Ringroad).

Kecamatan Mapanget 4 pos penjagaan.

Pos Kelurahan Paniki Bawah (Jalan Wiratama/Kiban), Pos Kelurahan Paniki Dua (Jalan Mapanget Raya), Pos Kelurahan Lapangan (Jalan Teterusan/samping RS Auri), Pos Kelurahan Mapanget Barat (jalan raya Koka).

Kecamatan Paal Dua 3 pos penjagaan.

Pos Kelurahan Malendeng (arah Ringroad turun setelah jembatan), Pos Kelurahan Malendeng Lingkungan 7 (arah perumahan Green Hills) Pos Kelurahan Malendeng Lingkungan 8 (arah masuk Perumahan Malendeng Residence).

Kecamatan Bunaken 2 pos penjagaan.

Pos Kelurahan Tongkaina Lingkungan 4 (Bahowo), Pos Kelurahan Pandu Lingkungan 8 (perempatan Pandu).

Baca Juga:  Jelang Pilkada Saerang Ingatkan Warga Muslim Tetap Jaga Kerukunan

Kecamatan Tikala 1 pos penjagaan.

Pos Kelurahan Paal IV (perbatasan Desa Tikela).

Kecamatan Tuminting 1 pos penjagaan.

Pos Kelurahan Tuminting (pertigaan Pasar Tuminting).

Setiap pos akan dijaga oleh petugas kesehatan, Dinas Perhubungan, Pol PP Manado dan unsur TNI-Polri.

(YerryPalohoon)