Terapkan Protokol Kesehatan, Sulut United Usulkan Kompetisi Liga 2 Kembali Bergulir

MANADO,Manadonews.co.id-.PSSI dan Kontestan klub Liga 2 pada Jumat (29/5/2020) mengadakan pertemuan secara Virtual. Bima Sinung selaku perwakilan Sulut United menyampaikan masukan terkait kelanjutan kompetisi Liga 2 di tengah pandemi Covid-19 yang belum meredah.

Berdasarkan surat yang dikirim ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan No Surat 0117/SE-SU-SBP/III/2020 dan 0125/SE-SU-SBP/V/2020,mengusulkan agar kompetisi tetap berlanjut namun dengan beberapa catatan.

Diantaranya kompetisi tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Dengan kemungkinan besar digelar tanpa penonton, hal ini tentu akan berdampak pada potensi pendapatan klub dari tiket dan sponsorship.

“Meski demikian kompetisi harus tetap digelar dengan memperhatikan beberapa hal, termasuk format kompetisi yang memperhatikan efisiensi biaya untuk klub,” ujarnya lewat press rilis yang dikirim melalui media officer Sulut United, Jumat malam (29/5/2020).

Sementara untuk penyesuaian kontrak pelatih, official dan pemain  mengacu situasi sekarang, dengan mempertimbangkan aspek sosial dan ekonomi.

“Hal ini harus dibuat aturan oleh PSSI agar menjadi dasar hukum bagi klub untuk penyesuaian kontrak. Kemudian optimalisasi pendapatan dari sponsor atau hak siar ke PT LIB selaku operator liga,” ujar Bima Sinung.

Baca Juga:  Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Segera Bergulir

Ada beberapa pertimbangan yakni kompetisi merupakan urat nadi persepakbolaan, vakumnya kompetisi akan menyebabkan kemunduran bagi persepakbolaan nasional.

Beberapa negara di asia tenggara seperti Vietnam, Thailand dan Kamboja sudah memulai kembali kompetisi setelah ditunda kurang lebih 3 bulan karena pandemi Covid-19.

Saat ini Timnas Indonesia sedang mempersiapkan beberapa agenda tim  serta mempersiapkan iven besar yakni Piala Dunia U-20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah. Timnas yang berisi putra-putri terbaik, dipilih dari bergulirnya kompetisi yakni berputarnya liga.

Masukan dari Manajemen Sulut United ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan dengan bergulirnya kembali kompetisi sepakbola nasional dan menjadi obat akan kerinduan publik terhadap sepakbola sebagai hiburan dan pemersatu bangsa.
(Ben)

Tags: