Masyarakat ‘Kumabal’, Sulut Juara Indonesia Penyebaran Covid-19

Pemeriksaan suhu tubuh warga yang bepergian di salah-satu perbatasan Kota Manado dan Kabupaten Minahasa

Manado – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki RO (Indeks Penyebaran) Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 mencapai 2,5 persen.

Diketahui, RO merupakan indeks penularan atau jumlah rata-rata orang yang akan ditularkan oleh satu orang yang terinfeksi virus. 

Dengan demikian Sulut juara Indonesia tingkat penyebaran Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sulut, Drs. Steven Kandouw, kepada sejumlah wartawan usai mengadakan rapat dengan Gugus Tugas Provinsi Sulut, Selasa (2/6/2020). 

“Pak Gubernur sampaikan kita harus tingkatkan epidomologi hingga ke bagian teknis kesehatan. Penyebaran ini tidak boleh parsial tapi holistik. Secara penyebaran yang tadi saya sampaikan, dengan demikian Kota Manado kita full support perhatian khusus. Satgas Covid bantu khusus perhatiannya untuk Kota Manado, bantu rapid test, bantu penetrasi,” tutur Steven Kandouw.

Steven Kandouw mengungkapkan, pemerintah melalui Gugus Tugas akan melakukan boom rapid test di beberapa tempat, penambahan rumah singgah dan pengadaan rumah-sakit khusus Covid-19.

“Tolong tambah didorong dan diingat-ingatkan kepada masyarakat, karena saya melihat jalan tiga bulan ini banyak warga yang ‘pandang enteng’ tidak menerapkan social distancing dan physical distancing. Ini sudah tanda awas, teman-teman wartawan tolong diberitakan dan diinfokan juga di media masing-masing,” tukas Wagub Kandouw.

Baca Juga:  LMP Harap Pejabat dalam OPD Baru Bolmong Benar - Benar Berkompeten

Mengacu pada RO masih 2,5 persen maka Steven Kandouw mengingatkan agar sekolah dan rumah ibadah di Sulut jangan dulu dibuka.

“Jika RO Sulut sudah menurun baru akan dibuka kembali, makanya warga harus jalankan social distancing dan physical distancing serta wajib pakai masker dan rajin cuci tangan. Hindari tempat keramaian dan jangan kumpul-kumpul dulu,” pungkas Steven Kandouw.

(Tim/YerryPalohoon)