Nol Pasien Covid-19, Berikut Penanganan RSUD Kotamobagu

Manadonews.co.id, Kotamobagu – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menangani kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus menunjukan hasil memuaskan.

Dari total 9 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sebelumnya  dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu semua telah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan, sehingga saat ini Kotamobagu nol pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, dr. Tanty Korompot membeberkan cara penanganan pasien covid yang sembuh. Menurutnya, pasien yang sembuh saat dirawat di ruangan isolasi intens diberikan suplemen dan multivitamin, serta dorongan dan motivasi untuk sembuh sebagai cara menghindari pasien stres.

“Namun, bagi mereka (pasien) yang masuk kategori PDP dan memiliki keluhan sakit, kami lakukan intervensi dengan obat-obatan sesuai dengan indikasi. Contohnya, pasien mengalami asma, kami memberikan obat asma. Intinya vitamin untuk menjaga tahan tubuh. Dan Alhamdulillah, bisa sembuh karena daya tahan tubuh mereka terus dijaga,” terangnya, Selasa (2/6/2020)

Dikatakannya, program peningkatan daya tahan tubuh memang sudah direncanakan sejak sebelum pandemi ini muncul.

“Sebelum Covid-19 muncul, kami dari pihak Dinas Kesehatan dan RSUD Kotamobagu, sudah merencanakan program pemberian vitamin, suplemen yang tujuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya pasien, melainkan seluruh tenaga medis harus diberikan vitamin agar imunitas tubuh mereka terjaga,” pungkasnya.

(*/MLS)

Baca Juga:  SETJEN dan BK DPR RI Menerima Tenaga Ahli AKD DPR RI