Pimpin Sertijab Kasdam XIII/Merdeka dan Danrem 132/Tadulako, ini Harapan Pangdam XIII/Merdeka

MANADO, MANADONEWS.co.id- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang memimpin langsung Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII/Merdeka dan Komandan Korem 132/Tadulako, Rabu (3/6/2020) di Grahadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Dengan adanya sertijab jabatan Kasdam XIII/Merdeka dari Brigjen TNI Fajar Setyawan yang menduduki jabatan baru sebagai Pa.Ahli.TK.II Kasad Bidang Siber (Organisasi Baru) dan diserahkan kepada Brigjen TNI Wiranto Prasetyo Budiman yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Akmil.

Sementara jabatan Komandan Korem 132/Tadulako dari Kolonel Inf Agus Sasmita kepada Kolonel Inf Farid Makruf yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Korem 126/Wira Bakti.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang dalam kesempatan itu mengatakan bahwa alih tugas dan serah terima jabatan di lingkungan Kodam XIII/Merdeka merupakan kebijakan komando atas dalam upaya penyegaran dalam tubuh organisasi yang berlandaskan pada kepentingan pembinaan personil dan satuan bagi peningkatan kinerja organisasi guna menjamin pelaksanaan tugas pokok Kodam XIII/Merdeka.

“Saya percaya dengan berbekal pengalaman di tempat tugas yang lama sebagai Wakil Gubernur Akmil dan Komandan Korem 126/Wira Bakti,para pejabat baru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan pimpinan TNI AD ini dengan sebaik baiknya”kata Santos.

Baca Juga:  Bendahara Kelompok Tani Hutan Mokotabi Bantah Tahan Anggaran Sisa

Dia menambahkan, pada esensinya proses sertijab dalam organisasi TNI memberikan kesempatan kepada pejabat yang bersangkutan, dalam kaitan menambah pengetahuan, pengalaman serta peningkatan karier militernya.

“Kepada pejabat yang terkait dengan serah terima jabatan ini dapat meneruskan karya pelaksanaan tugas serta hal-hal positif yang telah digagas oleh pejabat lama.”ungkapnya.

Untuk itu kata Santos, selaku Pangdam XIII/Merdeka dan pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Brigjen TNI Fajar Setyawan dan Kolonel Inf Agus Sasmita masing masing beserta Istri atas dedikasi, motivasi, inovasi pengabdian serta pelaksanaan tugasnya selama bertugas di Kodam XIII/Merdeka.

“Pada momentum sertijab ini saya mengajak agar seluruh jajaran berupaya dan berkomitmen untuk membesarkan Kodam XIII/Merdeka agar dapat memberi manfaat yang besar bagi rakyat di Provinsi Sulut, Sulteng dan Gorontalo.”tandas Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang.

Seperti lazimnya kegiatan sertijab ini ditandai dengan penciuman pataka Kodam XIII/Merdeka “Jaya Sakti” kepada pejabat baru, pelepasan dan pemasangan tanda jabatan penyerahan Duwaja Korem 132/Tadulako “Mangala Sakti” serta ditandai dengan penandatanganan pakta Integritas.

Baca Juga:  Anggota DPRRI Asal Sulut Ini Aminkan Keinginan Jokowi Ini

Pantauan media Manadonews.co.id kegiatan Sertijab kali ini berbeda dengan kegiatan serupa sebelumnya,yakni dilaksanakan tetap dengan menggunakan prosedur protokol kesehatan Covid-19 yang telah dimaklumatkan oleh pemerintah dan diakhiri dengan acara lepas sambut.(Regina.TS)