Rilis Gugus Tugas Covid-19 Kota Tomohon: Sabtu 6 Juni, Pasien Positif Bertambah 2 Kasus

PRESS RELEASE

TOMOHON – SEBELUM MENYAMPAIKAN STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DI KOTA TOMOHON, TERLEBIH DAHULU DISAMPAIKAN HAL- HAL SEBAGAI BERIKUT :

1. HARI INI JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH 2 ORANG, SEHINGGA SUDAH MENCAPAI ANGKA 33 ORANG. INI MENJADI BUKTI BAHWA TRANSMISI LOKAL DI KOTA TOMOHON MASIH TETAP BERJALAN. TENTUNYA HAL INI MENJADI TANDA AWAS BAGI KITA SEMUA MASYARAKAT KOTA TOMOHON UNTUK SEMAKIN MENINGKATKAN KEWASPADAAN DAN TETAP MEMATUHI POIN-POIN PADA MAKLUMAT KAPOLRI DAN MAKLUMAT WALIKOTA TOMOHON, SERTA TETAP DISIPLIN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN. UNTUK ITU, JANGAN LAGI ADA YANG MASIH MENGANGGAP REMEH SERTA ACUH TAK ACUH TERHADAP HIMBAUAN PEMERINTAH. JANGAN LAGI ADA YANG MERASA SUDAH TIDAK PERLU LAGI MEMATUHI SEGALA KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM HAL PEMBATASAN- PEMBATASAN SOSIAL DAN PEMBERLAKUAN PROTOKOL KESEHATAN. MELIHAT PERTAMBAHAN JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TERUS TERJADI INI, JUSTRU MARI KITA LEBIH TAAT, LEBIH PATUH, DAN LEBIH PEDULI DEMI MEMUTUS MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 UNTUK KESELAMATAN JIWA KITA, KELUARGA KITA, DAN BANYAK ORANG. KITA JUGA DAPAT SALING MENGINGATKAN HAL INI JIKA DITEMUI ADA SAUDARA, KERABAT, TETANGGA, KENALAN, ATAU ORANG LAIN YANG TIDAK MEMATUHI HIMBAUAN PEMERINTAH SERTA TIDAK MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN, DEMI KEBAIKAN KITA SEMUA.

2. GUGUS TUGAS AKAN MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN TERHADAP RUMAH TEMPAT TINGGAL DAN LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DARI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG BARU, BERKOORDINASI DENGAN PEMERINTAH SETEMPAT

3. SAMPAI HARI INI TERCATAT SUDAH 8 (DELAPAN) ORANG PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH DI KOTA TOMOHON DAN SUDAH KELUAR RUMAH SAKIT. INI ADALAH KABAR BAIK, DAN MELIHAT HAL INI KEMBALI SELURUH MASYARAKAT DIEDUKASI BAHWA COVID-19 BISA SEMBUH. MARI KITA TETAP OPTIMIS, TETAP SEMANGAT, BERJUANG BERSAMA, SAMBIL TETAP PATUH DAN TAAT PADA HIMBAUAN PEMERINTAH DAN PROTOKOL KESEHATAN YANG ADA.

4. GUGUS TUGAS MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SEMUA TENAGA MEDIS / TENAGA KESEHATAN ATAS SEGALA DEDIKASI DAN PENGABDIAN YANG DIBERIKAN DALAM MERAWAT DAN MENDAMPINGI SEMUA PASIEN COVID-19. UCAPAN TERIMA KASIH YANG TULUS JUGA DISAMPAIKAN KEPADA SELURUH MASYARAKAT YANG TERUS MENOPANG DAN MEMBERIKAN DUKUNGAN SEMANGAT, SERTA TIDAK MEMBERI STIGMA NEGATIF KEPADA PASIEN COVID-19 DAN KELUARGANYA.

5. GUGUS TUGAS MENYAMPAIKAN RASA BELASUNGKAWA YANG DALAM, TURUT BERDUKACITA BERSAMA KELUARGA PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) YANG DILAPORKAN MENINGGAL PADA KEMARIN HARI. KIRANYA KELUARGA TETAP DIBERIKAN KESABARAN DAN KETABAHAN OLEH TUHAN YANG MAHA KUASA. GUGUS TUGAS TAK LUPA MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA PIHAK TNI / POLRI, PEMERINTAH SETEMPAT, DINAS KESEHATAN DAERAH, SATPOL PP, BPBD, DAN SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PENANGANAN JENAZAH PASIEN HINGGA DAPAT DIMAKAMKAN DENGAN BAIK.

Baca Juga:  E2L-MAP Bersama Unsur Forkopimda Ikuti CFD

6. MERUJUK PADA REVISI KE-4 PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) YANG DIKELUARKAN OLEH DIREKTORAT JENDERAL PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA TERTANGGAL 27 MARET 2020, BAHWA UNTUK MENEGAKKAN DIAGNOSIS SEORANG PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) BENAR-BENAR BERSTATUS NEGATIF HARUS DIDASARKAN PADA DUA KALI UJI SWAB (SWAB TEST) DENGAN HASIL SAMA-SAMA NEGATIF MELALUI TEKNIK POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR) YANG SPESIMENNYA DIAMBIL DUA HARI BERTURUT-TURUT.

PADA KASUS TERTENTU YANG TIDAK MEMUNGKINKAN DIAMBIL SPESIMEN SWAB KE-2 KARENA PASIEN BARU MASUK RUMAH SAKIT LALU MENINGGAL DUNIA HARI ITU JUGA, MAKA PENENTUAN STATUS PASIEN DIAMBIL BERDASARKAN HASIL PEMERIKSAAN SPESIMEN YANG ADA. PADA KASUS LAINNYA, JIKA TERHADAP SEORANG PDP TELAH DILAKUKAN SATU KALI PENGAMBILAN SPESIMEN SWAB DAN HASIL PEMERIKSAANNYA NEGATIF, MAKA UNTUK MENENTUKAN APAKAH PASIEN TERSEBUT BENAR-BENAR BERSTATUS NEGATIF COVID-19 PERLU DIKONFIRMASI DENGAN PEMERIKSAAN SPESIMEN KE-2 YANG HASIL PEMERIKSAANNYA JUGA HARUS NEGATIF.

DENGAN DEMIKIAN, JIKA SEORANG PDP BARU SATU KALI DIAMBIL SPESIMEN DAN DIUJI DENGAN HASIL NEGATIF KEMUDIAN MENINGGAL DUNIA, MAKA STATUS PASIEN MASIH TETAP PDP HINGGA DITERIMANYA HASIL PEMERIKSAAN SPESIMEN YANG KEDUA. PERLU DIKETAHUI BAHWA STATUS PDP SEORANG PASIEN BELUM BERARTI YANG BERSANGKUTAN POSITIF COVID-19, NAMUN TERHADAP PASIEN TETAP DIBERLAKUKAN PROTOKOL COVID-19 SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN SEBELUM DITERIMA HASIL SWAB TEST SEBANYAK DUA KALI.

KITA SELALU BERHARAP HASIL SWAB TEST NEGATIF, NAMUN JIKA PUN HASILNYA POSITIF, MAKA PASIEN SUDAH DITANGANI SESUAI PROTOKOL YANG BERLAKU.

SELANJUTNYA, STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DI KOTA TOMOHON ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

I. PELAKU PERJALANAN (PP) : 1425 ORANG (SEBELUMNYA 1417 ORANG / BERTAMBAH 8 ORANG)

II. ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) : 41 ORANG (SEBELUMNYA 42 ORANG / BERKURANG 1 ORANG)

III. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) PDP YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN III.A) BERTAMBAH 1 ORANG, YAITU : PASIEN PEREMPUAN (51 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON. ADAPUN  HASIL SWAB TEST SEDANG DITUNGGU. PDP YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN III.A) BERKURANG 1 ORANG, YAITU : PASIEN PEREMPUAN (58 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI RSUP PROF. KANDOU MANADO. PASIEN  MENINGGAL DUNIA PADA KEMARIN HARI, JUMAT TANGGAL 5 JUNI 2020  SEKITAR PUKUL 10.50 WITA. ADAPUN HASIL SWAB TEST SEDANG  DITUNGGU (PINDAH KE POIN III.

Baca Juga:  Diduga, Aktivitas Pembongkaran Batu Bara PT Conch Sebarkan Virus Beracun

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PDP SAMPAI HARI INI TERCATAT  24 ORANG (SEBELUMNYA 23 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :

III.A PASIEN SEMENTARA DIRAWAT : 13 ORANG (SEBELUMNYA 13 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG NAMUN BERKURANG  1 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI  KEC. TOMOHON TIMUR, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON  TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 5 ORANG  DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 2 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO, 2 ORANG  DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 9 ORANG DIRAWAT DI DUA  RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON.

III.B PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 9 ORANG (SEBELUMNYA 8 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI  KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON  SELATAN.

III.C PDP KELUAR RUMAH SAKIT MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 2 ORANG (SEBELUMNYA 2 ORANG / TETAP) DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV. BUKAN PDP JUMLAH BUKAN PDP SAMPAI HARI INI TIDAK ADA PERUBAHAN, TETAP SAMA DENGAN KEMARIN HARI YAITU TERCATAT 42 ORANG, DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :

IV.A PASIEN SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19 KARENA HASIL SWAB TEST NEGATIF : 16 ORANG (SEBELUMNYA 16 ORANG / TETAP) SEBARAN : 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV.B PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF (BUKAN COVID-19) : 20 ORANG (SEBELUMNYA 20 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 10 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV.C TIDAK TERMASUK KRITERIA PDP : 6 ORANG (SEBELUMNYA 6 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

V. PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TELAH MENGINFORMASIKAN PADA KEMARIN HARI, JUMAT TANGGAL 5 JUNI 2020, BAHWA PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH 2 ORANG PASIEN BARU, YAITU :(1) PASIEN PEREMPUAN (56 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN. STATUS PASIEN ADALAH KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA, DAN SAAT INI PASIEN SEMENTARA DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON (POIN V.A). (2) PASIEN PEREMPUAN (32 TAHUN), DARI KEC. TOMOHON SELATAN. STATUS PASIEN ADALAH KONTAK ERAT RESIKO TINGGI DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA, DAN SAAT INI PASIEN SEMENTARA DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON (POIN V.A). DENGAN DEMIKIAN,

Baca Juga:  Seluruh Fraksi DPRD Bolmong Setujui Tiga Ranperda Usulan KUA-PPAS APBD 2020 Dilanjutkan

TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID- 19 DI KOTA TOMOHON SAMPAI HARI INI TERCATAT 33 ORANG (SEBELUMNYA 31 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :

V.A SEMENTARA DIRAWAT : 22 ORANG (SEBELUMNYA 20 ORANG / BERTAMBAH 2 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 15 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 14 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 5 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON, 3 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO.

V.B DINYATAKAN SEMBUH : 8 ORANG (SEBELUMNYA 8 ORANG / TETAP) SEBARAN : 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

V.C MENINGGAL DUNIA : 3 ORANG (SEBELUMNYA 3 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

VI. SELESAI DIPANTAU DAN DINYATAKAN SEHAT : 1379 ORANG (SEBELUMNYA 1367 ORANG / BERTAMBAH 12 ORANG)

VII. TRACKING SUDAH DILAKUKAN TERHADAP 1011 ORANG (SEBELUMNYA 1011 ORANG / TETAP)

VIII. HASIL RAPID TEST REAKTIF HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF BERTAMBAH 1 ORANG, DARI KEC. TOMOHON UTARA. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF SAMPAI HARI INI TERCATAT 57 ORANG, DENGAN SEBARAN : 9 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 18 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 27 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

DARI KE–57 ORANG INI, 14 ORANG DENGAN HASIL SWAB TEST NEGATIF (BUKAN COVID-19) DUA KALI BERTURUT, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA DENGAN HASIL SWAB TEST NEGATIF (BUKAN COVID-19), 7 ORANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 (2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 2 ORANG DINYATAKAN SEMBUH, 3 ORANG SEMENTARA DIRAWAT), DAN 34 ORANG MENUNGGU HASIL SWAB TEST.

DEMIKIAN SIARAN PERS HARI INI. MARI BERSAMA-SAMA KITA LAWAN DAN PUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA TOMOHON DENGAN CARA SELALU BERDOA DAN MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN, MENJAGA JARAK FISIK MINIMAL 2 METER, PAKAI MASKER JIKA HARUS KELUAR RUMAH, RAJIN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI AIR MENGALIR, TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH, TERAPKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS).

GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KOTA TOMOHON