Bakti Sosial KKK Ronny Sompie Bantu Warga Terdampak Covid-19

Jakarta, Manadonews.co.id – Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 47, Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) di bawah kepemimpinan Ketua Umum, Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH, Sabtu 6 Juni 2020, melakukan bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada warga terdampak Covid-19.

Kegiatan diawali dengan ibadah, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia, Marsma TNI. Donald Kasenda, ST, SIP, MM, dan sambutan Dewan Pengurus Pusat (DPP) KKK yang diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP, Ayub Junus, M.Sc.

Sekjen Ayub Junus dalam sambutannya, menyampaikan program kegiatan bantuan sosial dari KKK kepada warga Kawanua di Jakarta dan sekitar dalam masa pandemi Covid-19 adalah bentuk mewujud-nyatakan ‘Si Tou Timou Tumou Tou’.

“Semboyan tokoh Sam Ratulangi ini adalah misi dari Kerukunan Keluarga Kawanua di bawah kepemimpinan Ketua Umum Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH,” kata Ayub Junus.

Ditambahkan Junus, kegiatan pemberian bantuan sosial ini sekaligus merupakan rangkaian kegiatan KKK dalam rangka memperingati Paskah, kenaikan Yesus Kristus, Pentakosta dan HUT ke-47 KKK.

Baca Juga:  Blusukan di Pasar Towo'e Tahuna, Gubernur Bawa Keceriaan

“Yang menarik untuk diperhatikan dari keseluruhan acara yang menggunakan tagline: TurnBack Covid-19 yaitu adanya dukungan dari seluruh warga Kawanua, baik yang berada di Jakarta, seluruh Indonesia, juga dari luar negeri, berupa dukungan promosi acara dan bantuan-bantuan yang diterima secara mapalus,” tambah Ketua Panitia, Donald Kasenda.

Menurut Kasenda, Kawanua se dunia ikut terlibat pada kegiatan bantuan sosial, membuktikan bahwa falsafah dan kearifan lokal yang dimiliki oleh para Kawanua yaitu: Masawang-sawangan (saling menolong) dan Matombo-tomboloan (saling menopang), masih melekat kuat dalam jiwa para Kawanua yang sudah merantau.

Pada 13 Juni 2020, pekan depan, panitia juga mengagendakan acara ibadah Paskah, Kenaikan, Pentakosta dan HUT ke-47 KKK akan diadakan secara online (live stream) dari gedung gereja GPIB Paulus. Kegiatan ini juga akan melibatkan para Kawanua.

Kepanitiaan di bawah arahan Brigjen (Pol). Dr. Tommy Winston Watuliu, M.Si, selaku Wakil Ketua Umum I DPP KKK. Mereka yang dipercayakan sebagai panitia pelaksana, masing-masing sebagai Ketua Panitia Marsma TNI. Donald Kasenda, ST, SIP, MM, Sekretaris Panitia Dr. Ir. Donald R. Pokatong, M.Sc dan Bendahara Panitia, Debby Watuliu-Dumais.

Baca Juga:  Hadiri Diklat Tingkat III, Wagub Tegaskan ASN Soal Ini

(YerryPalohoon)