11.500 Botol Miras Berlabel dan Cap Tikus Dimusnahkan Polres Talaud

   
TALAUD,Manadonews.co.id-.Polres kepulauan talaud  melakukan pemusnahan minuman beralkohol yang berlabel dan yang tidak berlabel dengan barang bukti sekitar 11.500 botol minuman keras (miras) berlabel dan minuman keras (miras)tak berlabel sebanyak 11.174 liter liter jenis captikus, pada kamis (11/09/2020) Siang.

Ribuan botol miras berbagai merek itu merupakan hasil razia ops pekat dan operasi rutin yang ditngkatkan aparat kepolisian Polres kepulauan talaud.

Kasat Narkoba Iptu Mohammad rosid, SE saat menyampaikan laporan mengatakan, bahwa Perlu diketahui barang bukti tersebut diatas merupakan hasil operasi pekat dan operasi kepolisian yang ditingkatkan pada tahun 2020 dari hasil operasi tersebut sebanyak 56 Laporan Polisi.

“Barang bukti sebanyak tersebut diatas, sebagian telah di proses secara hukum dan telah ada keputusan yang inkra dari pengadilan dan sebagian merupakan barang temuan ( tidak ada pemiliknya),” ucap Kasat Narkoba Iptu Muhammad Rosid,SE.

Ratusan liter Miras berlabel dan tidak berlabel tersebut telah ada penetapan dari pihak pengadilan dengan nomor SP./Pen.Pid.Sita/2020/Pn Mlg tanggal 28 Mei 2020.

Baca Juga:  Sambut HUT Bhayangkara ke 74, Polres Talaud Adakan Pemeriksaan Kesehatan Personil

Sementara itu Kapolres kepulauan talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan,SH,SIK,MH mengatakan, pemusnahan itu dilakukan untuk menyadarkan masyarakat Kabupaten kepulauan talaud agar tak mengonsumsi miras.

Diketahui bahwa Miras yang disita dari berbagai merek jumlahnya cukup banyak, dimana miras ini dampaknya sangat signifikan selain bisa menimbulkan tindak pidana dan juga menyebabkan penyakit.

Pihak kepolisian minta bantuan dari seluruh stakeholder baik pemda, TNI Polri, Toga, Tomas, Toda untuk sama-sama memerangi dan memberantas peredaran minuman keras diwilayah kabupaten talaud khususnya yang rata-rata miras ini berasal dari tempat lain, warga disini hanya mengkonsumsi saja.

“Jika ada informasi miras mengetahui adanya miras, maka beritahu kepada kami untuk dilakukan rasia dan untuk proses akan berkordinasi dengan Pengadilan,” pungkas Kapolres.

Lanjutnya lagi, diketahui bahwa pemusnahan miras ini merupakan hasil Operasi Kepolisian sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 dan ditaksirkan total nilai dari miras yang dimusnahkan kali ini sekitar 674 juta rupiah.

Jumlah Minuman beralkohol yang  berlabel dan yang tidak berlabel dengan barang bukti sekitar 11.500 botol minuman keras (miras) berlabel dan minuman keras (miras) tak berlabel sebanyak 11.174 liter jenis captikus yang dimusnahkan dan total nilai sekitar 674 juta rupiah.

Baca Juga:  Kapolres Kepulauan Talaud Pantau Pemeriksaan Penumpang Kapal di Pelabuhan Melonguane

“Jika ada oknum yang berupaya membacking peredaran miras dari aparat maka dapat disampaikan kepada kami untuk ditindak,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Talaud yang diwakili oleh sekda talaud Ir.Adolof Binilang,ME mengatakan, saya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan banyak terima kasih kepada Forkopimda Talaud dalam hal ini Kapolres , dibantu oleh Dandim dan Danlanal, hal yang baik sudah dilakukan di Kabupaten Talaud.

“Terima kasih kepada Polres Kepulauan Talaud, kiranya hal ini terus dilakukan, sebagi upaya meminimalisir  konsumsi alkohol, obat terlarang dan lainnya di kabupaten kepulauan Talaud,” ujar Binilang.

Secara bersama-sama Kapolres Kepulauan Talaud bersama, Bupati Kepulauan Talaud dan Forkopimda Talaud secara simbolis  memusnahkan minuman keras dilokasi pemusnahan tepatnya di depan halaman Mapolres Kepulauan Talaud diikuti oleh seluruh personil Polres Kepulauan Talaud dan Media yang hadir.

Turut Hadir dalam kegiatan Bupati Kepulauan Talaud Diwakili oleh Sekda  Ir. adolof Binilang, Danlanal Melonguane Letkol Mar Adi Sucipto S.T., M.Tr.Hanla,Dandim 1302 Talaud diwakili oleh Kasdim Mayor (Inf) Sy.Panawa, Kasipidum Kejari  Talaud Meilani Magdalena,SH Ketua Pengadilan Kabupaten Talaud.
(Jelo)

Baca Juga:  Kapolres Talaud Minta Warga Jaga Kerukunan