Bantu Masyarakat, Pemdes Silian Tiga Siapkan 240 Juta Untuk BLT

MITRA, ManadoNews.co.id30 persen Dana Desa (Dandes) untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) disiapkan Pemerintah Desa Silian Tiga, Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), bagi warga tidak mampu/miskin yang terdampak covid-19.

Dikatakan Hukum Tua Silian Tiga, Bertje Potalangi, pada tahap satu untuk penyaluran BLT kepada 25 KK. Danitu sudah disalurkan dan diterima langsung penerima di Bank SulutGo Silian Raya, tepatnya Rabu 10 Juni kemarin.

“Namun dari jumlah kuota penerima BLT ternyata masih ada warga miskin belum terdata, maka akan kami usulkan penambahan ditahap dua sampai tiga. Kita akan sesuaikan tetapi dengan berita acara yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan,” jelas Potalangi.

Untuk Dandes Silian Tiga, lanjut Potalangi, mencapai 800 juta lebih. Maka kami siapkan 30 persen untuk BLT, jadi sekitar 240 juta rupiah sekian.

“Masing-masing KK mendapatkan hak yang sama yakni 600 ribu rupiah/bulan selama tiga bulan,” ungkapnya sembari menambahakan, untuk BLT kepada mereka yang tidak tercatat sebagai penerima bantuan PKH, BPNT serta penerima bantuan sosial lainya.

Baca Juga:  Sekda Tahlis Buka Diklat GP Ansor Bolmong

Selain itu, Potalangi menambahkan, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona, pihaknya terus mengoptimalkan pos jaga yang ada di Silian Tiga. Piket jaga pun dilakukan dari jam 6 pagi sampai 6 sore, kemudian pada jam 10 malam portal ditutup.

“Untuk penjagaan di pos, kami berdayakan para perangkat dan kader dengan mengatur jadwal. Kami juga menyiapkan buku tamu dan buku laporan keluar masuk pelaku perjalanan baik warga Silian Tiga sendiri maupun pendatang,” pungkasnya.

(gerimokobimbing)