Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Segera Bergulir

MANADO,Manadonews.co.id-i PT Liga Indonesia Baru (LIB) siap untuk melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 2020.
Hal tersebut di tegaskan Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“PT LIB menyatakan kesiapan untuk kembali melanjutkan kompetisi. Beberapa Poin  terkait jadwal kompetisi, protokol kesehatan juga telah dibuat dan dipaparkan kepada PSSI,” ujar Yunus Nusi.

Hal ini langsung di respon Sudjarno, yang juga menjabat sebagai direktur operasional LIB, mengatakan, pihaknya telah melakukan kajian teknis terkait rencana kelanjutan kompetisi yang disesuaikan dengan perkembangan situasi di Tanah Air.

PT LIB juga sudah melakukan korespondensi dengan sejumlah klub untuk meminta masukan, saran dan ulasan atas kompetisi yang sudah berjalan bulan Februari hingga Maret 2020.

“Berbagai langkah untuk persiapan menuju lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 telah kami buat dan paparkan kepada Ketua Umum PSSI,” papar Sudjarno.

“Seperti akan adanya penyesuaian perubahan regulasi, serta beberapa home base klub jika sentralisasi di Pulau Jawa, serta akan menggelar manager meeting dan workshop untuk klub jelang dimulainya kompetisi. Tentu kami akan melaksanakan kompetisi dengan protokol kesehatan dengan ketat,” tegasnya.

Baca Juga:  Wagub Tegas Tindaki Praktek Pungli Dalam Rekrutmen 204 Kepsek SMA/SMK dan SLB

Sudjarno menambahkan, PT LIB pun menjabarkan kepada PSSI soal garis waktu (timeline) Liga 1 seperti soal awal pelaksanaan sampai pekan terakhir dan jeda pertandingan timnas Indonesia di turnamen internasional.

PT  LIB juga sudah membuat skema untuk kompetisi Liga 2 dari babak penyisihan hingga final. PSSI telah mengusulkan rencana untuk melanjutkan Liga 1 dan 2 musim 2020.

Sebelumnya, Liga 1 dan Liga 2 terpaksa ditangguhkan akibat pandemi virus corona Covid-19. Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 sendiri kemungkinan akan di gelar September atau Oktober 2020.

Jika kembali bergulir, PSSI menyarankan supaya pelaksanaan pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa demi menekan penyebaran COVID-19. Namun, secara resmi belum ada penetapan soal stadion lokasi laga.

PSSI masih akan menggelar rapat komite eksekutif (Exco) untuk membuat keputusan akhir soal liga termasuk teknis dan penjadwalan.
Pihak pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, juga telah memberikan sinyal kelanjutan Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali,  saat ini sedang menggodok regulasi penerapan protokol kesehatan untuk olahraga, termasuk kompetisi.

Baca Juga:  530 Karateka Ikuti Kejuaraan Piala Adhyaksa

Regulasi tersebut seiringan dengan penerapan new normal yang digaungkan oleh pemerintah Indonesia.

“Niat kami adalah tetap produktif di tengah pandemi,” ujar Menpora.
(Ben)

Tags: